Beberapa waktu yang lau ada masukan mengenai cara berkomentar di postingan pada blog Succulentpedia. Bagi visitor yang belum terbiasa dengan ‘widget’ Disqus mungkin agak kurang familiar dengan cara mengirim komentar di Succulentpedia. Untuk memfasilitasi para Grower yang ingin aktif berdiskusi di kolom komentar, berikut Littlegarden akan menuliskan step-by-step cara berkomentar di Succulentpedia.



Pertama, di bagian kolom komentar anda akan diminta untuk ‘login’ untuk menunjukan identitas anda. Gunanya apa? Agar Littlegarden dan visitor yang lain tahu siapa yang berkomentar. Tak kenal maka tak sayang bukan? Ada dua pilihan login, yaitu dengan mengklik ‘icon’ akun sosmed atau klik tanda segitiga di sebelah kanan tulisan ‘masuk’.


Kedua, anda pilih mau login dengan akun apa. Ada empat pilihan, pertama membuat/login (bagi yang punya) akun disqus, login dengan FB, Twitter atau via email. Di artikel ini yang dijadikan contoh adalah login dengan gmail. Tahun 2018, hampir semua orang punya akun gmail kan?



Ketiga, klik persetujuan untuk berkomentar dan menerima aturan disqus untuk berkomentar. Lalu submit.



Keempat, Setelah menyetujui aturan berkomentar, nama akun anda akan terlihat menggantikan
tulisan ‘masuk’ pada langkah pertama. Sekarang anda bisa langsung menulis komentar dan mengirimnya.



Kelima, komentar yang anda kirim akan terlihat di kolom komentar dan Littlegarden akan mendapat email notifikasi dari komentar yang anda kirim. Singkatnya, komentar yang telah sukses anda kirim akan di-notice oleh Littlegarden.




Simpel kan? Cukup sekali login saja, selama anda tidak menghapus history browser dan cachenya anda tidak perlu login berulang kali setiap ingin berkomentar.
Mari saling mengenal dan berdiskusi dengan sehat dan bermanfaat. Terima kasih.