Family name : Portulacaceae

Species name : Portulacaria afra var. tricolor

Portulacaria afra var tricolor


Portulacaria afra merupakan tanaman sejenis semak belukar dengan daun berukuran kecil yang menempel pada batangnya. Batangnya berwarna kecoklatan dan biasanya bercabang banyak. P. afra merupakan jenis sukulen yang lambat pertumbuhanya. Daunnya berukuran kecil dan bertekstur mulus . Warna daun pada jenis var tricolor ada tiga (namanya juga tricolor ya,:v), hijau muda di tengah, dilanjut kuning dan selapis warna pink di ujung daunnya.

P. afra var. tricolor memiliki dua tipe lain terkait warna daunnya, yaitu P. afra biasa yang berdaun hijau dan P. afra variegata yang daunnya berwarna hijau dan kuning tanpa warna pink. Tipe var. tricolor adalah jenis yang paling populer karena warnanya yang mencolok dan cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

Sebagai tanaman hias indoor, hindarkan P. afra dari sinar matahari langsung. Cahaya matahari yang terlalu terang dapat membakar daun-daunnya, bahkan dalam kondisi ekstrim dapat menggugurkan semua daun-daunnya. Pastikan pot tempat menanam P.afra memiliki lubang drainase yang efektif untuk mengeluarkan air. Masalah utama pada pemeliharaan sukulen adalah soal penyiraman.  Hindari menyiram terlalu sering di musim penghujan. Jangan biarkan ada air menggenang di dasar pot dalam waktu yang lama.

Propagasi dapat dilakukan dengan pemotongan batang. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan pemotongan di musim panas/kemarau. Biarkan bekas potongan mengering selama beberapa hari lalu tanam di media yang mengandung campuran pasir dalam kondisi lembab. Sesuaikan ukuran pot dengan potongan baru dan tempatkan di tempat yang cukup teduh.



Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  

Lanjutkan membaca


>> Daftar jenis Sukulen

>> Apa arti nama Cristata?