Pada artikel  sebelumnya, saya sudah membahas tentang Teknik propagasi batang. Berbeda dengan propagasi daun yang memakan waktu relatif lebih lama untuk menumbuhkan sukulen baru, propagasi batang hamper selalu dijadikan pilihan utama untuk perbanyakan sukulen. 

Sebagian besar sukulen dapat diperbanyak secara vegetatif dengan cara propagasi batang, tapi sepengalaman saya, ada beberapa jenis sukulen dengan tingkat keberhasilan propagasi hampir seratus persen. Berikut adalah daftar sukulen yang bisa anda propagasi dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.




C.ovata adalah anggota keluarga crassula dengan penampakan mirip seperti pohon pada umumnya, terdiri dari satu batang utama, lalu bercabang pada ketinggian tertentu. Daun hijau tumbuh merata di bagian ujung percabangan batangnya. Batang hijaunya yang berusia cukup tua akan perlahan mengalami pengayuan (keras, menjadi seperti kayu) dan berubah kecoklatan.

Crassula ovata a.k.a Jade plant 

Propagasi dapat dilakukan dengan memotong cabangnya atau bahkan batang utamanya. Untuk hasil yang maksimal, usahakan bagian yang akan dipotong tidak terlalu pendek. Jangan mengambil cuma sedikit, ambil batang/cabang dengan panjang sekitar 10cm. pastikan tanaman induknya masih memiliki daun yang tersisa.

Bagian yang dipotong untuk propagasi

Kegagalan utama biasanya berasal dari pemotongan batang/cabang yang terlalu pendek. Selain itu, bisa juga karena hasil potongan tidak ditunggu sampai kering terlebih dahulu dan langsung ditanam, sehingga bisa menyebabkan pembusukan. Baca trik selengkapnya disini.

Daun dan batang baru muncul dari tanaman induk


Saya pernah mencoba melakukan hal yang sama dengan c.ovata ‘gollum jade’ dan C.ovata variegata namun hasilnya tidak sebaik C.ovata. Untuk yang berhasil propagasi dengan kedua jenis tersebut boleh banget saya tunggu sharingnya, hehehe.

Baca berikutnya




Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca 


>> Propagasi Sukulen dari Batang

>> Propagasi Sukulen dari Daun