Di artikel kali ini, mari kita lanjutkan pembahasan sukulen yang mudah untuk dipropagasi. Uda nyoba propagasi apa aja nih, btw?



2.  Senecio jacobsenii

Sepengalaman saya, sukulen berwarna hijau punya kemampuan untuk survive yang baik. Anda masih newbie dalam memelihara sukulen? Saya sarankan untuk memilih sukulen yang berwarna hijau, S. jacobsenii ini misalnya. Jacobsenii adalah sukulen yang tumbuh menjuntai, dengan daun berbentuk seperti sendok yang tumbuh di sepanjang batangnya.

Akarnya sama seperti daun, dapat tumbuh di sepanjang akarnya. Anda tinggal mengubur bagian batang yang anda inginkan untuk ditumbuhi akar. Propagasinya tinggal dipotong saja, simple sekali. Dari satu individu tanaman, anda bisa melahirkan beberapa individu baru tergantung panjang tanaman induk.

Tipsnya, jangan mengambil terlalu pendek dan usahakan untuk bagian yang akan dipotong agar sudah memiliki akar terlebih dahulu. Bagian yang sudah dipotong namun belum memiliki akar biasanya akan kering sebelum sempat berakar, apalagi kalau bagian yang dipotongnya cukup pendek. Ingat, semakin pendek bagian yang akan dipropagasi berarti cadangan air yang dimilikinya akan semakin sedikit. Anda bisa saja berpikiran untuk menanggulanginya dengan sering menyiram, namun S. jacobsenii yang belum punya akar akan segera membusuk dalam kondisi media tanam yang terlalu sering basah.



3. Opuntia

Subfamily kaktus ini punya keunggulan mudah sekali untuk dipropagasi. Propagasi dapat dilakukan dengan melakukan pemotongan mendatar atau mencabut salah satu segmen dari tanaman induk. Untuk opuntia dengan batang yang pipih dan terdiri dari banyak segmen seperti opuntia microdasys, saya lebih prefer melakukan pencabutan segmen, lebih sering berhasil. Sedangkan untuk opuntia yang jumlah segmennya sedikit, dan segmen batangnya lonjong atau tumbuh tipis seperti O.monacantha saya lebih sering melakukan pemotongan mendatar. Tanaman induk yang dipotong mendatar akan menumbuhkan batang baru di bagian yang dipotong.


Opuntia monacantha monstrosa

Opuntia vilis

Nantikan Review Sukulen berikutnya, yaa

Bersambung,..


Baca artikel sebelumnya




Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca


>> Water Propagation

>> Propagasi Sukulen dari Batang