Seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya, sebagian sukulen memiliki batang yang tebal karena jaringan di dalamnya mampu menyimpan cadangan air. Proses propagasi dari batang sebetulnya lebih simple dari propagasi dari daun. Langkah yang dilakukan pun lebih sedikit. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik ketika akan melakukan propagasi sukulen dari batang.

Pertama, siapkan sebilah pisau/silet yang bersih.

Kedua, pakailah sarung tangan untuk melindungi kulit tangan dari duri atau getah. Sebagian sukulen seperti kaktus dan euphorbia memiliki duri yang tajam. Sedangkan sukulen dari family Huernia dan euphorbia memiliki getah/lax yang bisa menyebabkan iritasi.

Propagasi pada Aloe

Propagasi pada Kalanchoe

Propagasi pada Echeveria


Ketiga, potonglah paling tidak 7-8cm dari ujung. Bagian sukulen yang dipotong jangan terlalu pendek. jika sukulen yang di potong batang utamanya bercabang, pemotongan bisa dilakukan dekat percabangan.


Keempat, bagian sukulen yang sudah dipotong dibiarkan mengering. Biasanya sekitar 2-3hari sampai luka bekas potongnya mengering.

Kelima,  potongan sukulen yang sudah kering bisa langsung ditanam di media. Gunakan media yang porous dan tidak banyak menyimpan air.

Keenam, penyiraman rutin dilakukan seminggu setelah penanaman. Jika penyiraman dilakukan terlalu cepat besar kemungkinan sukulen akan membusuk. Namun jika terlambat menyiram sukulen yang telah dipotong bisa mati kekeringan. Agak tricky memang.

Sukulen hasil pemotongan bisa dianggap sebagai sukulen dewasa ketika akarnya sudah mulai tumbuh dan mengakar kuat di dalam media. Propagasi sukulen dari pemotongan batang tingkat kesuksesannya lebih tinggi dari propagasi dengan daun tetapi jumlah potongan sukulen dari propagasi batang lebih sedikit tergantung ukuran sukuleninduk.

Setidaknya, dari sukulen induk bisa didapat minimal satu lagi sukulen anakan dari hasil propagasi. Setelah tanaman induk tumbuh lagi dan sukulen anakan sudah semakin besar, proses propagasi bisa dilakukan pada keduanya. Dari satu jadi dua, dua jadi empat dan seterusnya.

Pada pembahasan berikutnya, Little garden akan membahas jenis-jenis sukulen yang tingkat keberhasilannya cukup tinggi untuk propagasi batang.

Selamat mencoba :)




Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca


>> Propagasi Sukulen dari Daun

>> Portulacaria afra var.tricolor