Family name : Crassulaceae

Species name : Echeveria agavoides cv. Aqua marines


Echeveria agavoides cv. Aqua marines adalah sukulen berbentuk seperti bunga (roset). Daunnya berwarna hijau, berukuran relatif tebal dan berujung lancip. Bagian ujungnya dapat berubah jadi berwarna kemerahan jika cukup mendapat cahaya matahari.

Seperti Echeveria pada umumnya, E. agavoides tumbuh dengan baik di area yang cukup mendapat cahaya matahari. Penyiraman yang baik dilakukan ketika medianya benar-benar kering. Durasi penyiraman sebetulnya relatif kondisi lingkungan (temperatur kelembaban) setempat. Penyiraman yang baik dilakukan dengan cara menyiramkan air pada media tanam. Dibutuhkan media tanah yang porous agar air yang disiramkan segera keluar dari pot tanpa mengendap.

Selain masalah pembusukan akibat penyiraman yang tidak tepat, masalah pada pemeliharaan Echeveria biasanya karena etiolasi. Etiolasi adalah pertumbuhan tidak lazim yang diakibatkan oleh peletakan sukulen di tempat yang jauh dari arah datang cahaya. Letakkan E. agavoides di tempat yang terang untukwarna dan tampilan daun yang maksimal.

E. agavoides termasuk jenis Echeveria yang tumbuh dengan cepat. Propagasi umumnya dilakukan dari daun. Propagasi daun sebaiknya dilakukan dengan menggunakan daun yang paling bawah. Selain propagasi bisa juga dengan melakukan pemecahan kluster untuk yang memang tumbuh dalam kluster. Propagasi batang sebaiknya tidak dilakukan karena E. agavoides tidak berbatang, kecuali jika E. agavoides mengalami stetching.






Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca


>> Daftar Jenis Sukulen

>> Water Propagation