Ada yang sudah coba Water propagation??

Kemarin-kemarin ada yang tanya soal lumut yang tumbuh di botol kaca ketika propagasi. Saya ga bisa langsung jawab, karena memang saya sendiri dari sekian banyak botol kaca yang dipakai cuma satu yang berlumut (saat itu), itupun karena memang botol kaca yang dipakai tidak terlalu bersih. Tapi, uniknya beberapa hari yang lalu lumut mulai bermunculan di banyak botol. Why?

Dari beberapa artikel tetang water propagation di luar negeri saya tidak menemukan yang membahas lumut. Pembahasan lebih berfokus pada step by step water propagation dan keistimewaan metode ini, tanpa membahas tentang lumut yang mungkin muncul dalam proses propagasi. Jadi ketika salah satu botol saya berlumut, saya pikir mungkin karena botolnya kotor.

Praduga saya ternyata salah, ada juga yang melakukan propagasi dengan botol baru tapi tetap berlumut, bahkan laju pertumbuhan lumutnya lebih cepat dari saya. Dari pada penasaran, saya mulai coba searching tentang pertumbuhan lumut. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan.

Lumut biasanya muncul karena air yang tidak tersterilisasi banyak mengandung mikro organisme dan salah satu yang mungkin terdapat dalam air adalah lumut. Namun, lumut tidak serta merta selalu muncul. Selain air atau tempat yang lembab, lumut membutuhkan unsur hara dan sinar matahari yang cukup.

Semua kondisi untuk pertumbuhan lumut terpenuhi dalam water propagation. Yang membedakan laju pertumbuhannya hanya tingkat ke-sterilan air dan seberapa banyak sinar matahari yang mengenai botol air propagasi. Ada yang hanya dalam waktu seminggu, botol sudah berlumut ada yang baru berlumut setelah satu bulan atau lebih.

Apa bahayanya lumut?

Dari satu botol saya yang berlumut, sukulen yang di-propagasi disana mulai membusuk secara bertahap. Ada lumut yang menempel pada batang dan akar sukulen. Besar kecurigaan saya yang menyebabkan kebusukan adalah lumut yang menempel tersebut. Selain pembusukan, lumut yang menempel mengurangi keindahan botol dan sukulen di dalamnya.

Antisipasi terbaik yang bisa dilakukan adalah membersihkan botol secara berkala ketika lumut mulai bermunculan.  Buang air yang ada setelah mengaman sukulen di dalamnya. Bersihkan dengan sikat atau lap, lalu ulangi proses water propagation dari awal.

Ada yang pernah mengalami ini sebelumnya?







Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca


>> Water Propagation

>> Faktor Penyebab Pembusukan