Spesies : Aloe Juvenna

Aloe Juvenna adalah salah satu spesies dari genus aloe yang berduri. Tenang, durinya pendek dan ga tajam kok. Tingginya bisa mencapai 60cm, tapi karena batangnya tidak mengalami pelebaran, biasanya juvenna yang sudah tinggi akan cenderung tumbuh melengkung ke bawah.


Dikenal juga dengan nama Tiger tooth karena durinya tampak seperti gigi kecil yang menempel di tepi daunnya. Ada corak bercak putih di bagian atas dan bawah daunnya yang berwarna hijau. Daunnya berbetuk roset dengan batang semu yang merupakan tumpukan roset yang menumpuk rapat satu sama lain. Dalam kondisi lingkungan yang terang dan panas, juvenna akan berubah warna menjadi kecoklatan. Seperti aloe pada umumnya, metode perbanyakan utama dilakukan via tunas.

Aloe juvenna

Aloe juvenna sering disamakan dengan Aloe squarrosa yang memang memiliki tampilan yang mirip. Bedanya, juvenna daunnya lebih tebal dan lancip ke atas, sedangkan squarrosa daunnya lebih panjang, ramping dan melengkung ke belakang.

Sukulen ini cocok di tempatkan di taman, atau teras rumah yang terkena cahaya sepanjang hari. Saya pribadi tidak menyarankan untuk meletakkan juvenna di pot cantik untuk disimpan di dalam rumah karena juvenna tumbuh menjulang ke atas (tidak melebar seperti aloe umumnya) dan warna hijaunya akan tampak lebih menarik jika disimpan di luar ruangan.

Gunakan media tanam yang cepat kering dan selalu siram ketika medianya kering.  Juvenna akan lebih memilih underwatering dari pada overwatering. Sering-seringlah mengecek keberadaan daun tua yang sudah kering. Segera buang daun yang kering untuk menstimulasi pertumbuhan daun yang baru.



Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik




Lanjutkan membaca

>> Daftar Jenis Sukulen

>> Cara Menyiram Sukulen