Beberapa hari kemarin saya dapat pertanyaan nih via Wa, 

"Bagusnya ngerawat kaktus grafting ato ownroot sih?". 

Well, jawabannya relatif sih, masing- masing ada plus minusnya.


Btw, tahu kan bedanya kaktus grafting sama ownroot??
Kalo belum cek dulu artikel sebelumnya ya,.



Uda di cek? Uda kan? Mari kita lanjut. Saya jawab relatif karena memang balik lagi ke selera masing-masing. Kalo saya pribadi pilih ownroot, meskipun saya juga jual kaktus grafting. Kita coba bandingin aja ya,

Ownroot :
+ punya sistem akar sendiri, tanaman tunggal, jadi kalo ada masalah kita cuma ngurusin satu tanaman saja
+ relatif panjang umurnya.
- Tumbuhnya lambat
- harga mahal

Grafting :
+ tumbuh cepat, jadi bisa cukup sering dipanen
+ produk banyak sehingga lebih murah
- usia relatif lebih pendek, beberapa artikel menyebutkan kalau pertumbuhan kaktus pada batang tempel (rootstock) ada batas maksimalnya. Tidak akan bisa tumbuh sebesar kaktus ownroot
- Lebih rentan terserang penyakit tergantung jenis rootstock yang dipakai. Banyak terjadi kasus pembusukan rootstock, kaktus atas (scion) bisa diselamatkan dengan diturunkan (degraft) tapi ujungnya mati juga karena akar gagal tumbuh atau pemilik tidak punya stok rootstok sehingga tidak bisa digrafting ulang.

Oia, tidak semua kaktus bisa hidup tanpa digrafting loh. Kok bisa? Yes, ada jenis kaktus yang kultivasinya memang dengan cara digrafting karena tidak punya klorofil sendiri.

Contoh yang paling umum dalah moon cactus atau varian gymnocalycium yang beraneka warna. Untuk jenis dengan warna terang seperti kuning, merah, dan pink mereka harus hidup dengan ditempel karena rootstok memiliki klorofil sedangkan mereka tidak.

Jadi, kalo ada yang tanya apa kaktus yang warna warni itu bisa diturunkan dan punya akar sendiri, sependek pengetahuan saya sih engga. Jenis yang bisa ownroot biasanya punya campuran warna gelap atau kehijauan, yang berarti mereka bisa berfotosintesis.


So, kamu geng yang mana nih? Kaktus Grafting atau ownroot??


Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik



Lanjutkan membaca


>> Cara merawat Kaktus Opuntia microdasys

>> Propagasi Sukulen dari Batang