Aloe Chritmas carol

Sampai artikel ini ditulis, Aa belum nemu ID yang lebih saintifik untuk Aloe yang satu ini. Dimana-mana, orang menyebut aloe ini dengan nama itu, So, let’s call it Aloe ‘Christmas carol’!!.

Aloe ini salah satu jenis aloe dengan warna yang sangat mentereng. Bentuknya roset seperti standar Aloe dengan gerigi tersebar di permukaan daunnya. Warna dasarnya putih kehijauan dengan tonjolan gerigi berwarna merah menyala.

Dari segi ukuran, aloe ini jarang ada yang sampai besar. Mentok sih sampai ukuran sekirar 20an cm yang Aa pernah lihat. Meskipun ukurannya kecil, Christmas carol terbilang sering bertunas dan berbunga. Bunganya muncul dari sulur yang tumbuh menjulang dari tengah roset. Dengan ukurannya yang kecil, Aloe Christmas carol cocok diberi pot ornamental sebagai penghias.  

Perawatan Aloe Christmas Carol

Berbeda dengan Aloe pada umumnya yang mentolerir cahaya redup, Christmas carol sebaiknya diberikan asupan cahaya yang banyak untuk menunjang warna merahnya yang mengkilap. Kalau disimpan di tempat yang kurang terang, warna kehijauannya akan dominan dan gerigi merahnya akan pudar. Tidak sampai membuat pertumbuhan terganggu, tapi dari segi tampilan akan sangat drop.

Untuk menunjang pertumbuhan yang baik di bawah asupan cahaya matahari yang banyak, penyiraman harus dilakukan cukup sering. Pastikan media tanam sudah kering ketika akan disiram. Sering kali, Christmas carol tampak kering dan daunnya mengkerut karena terpapar banyak cahaya matahari dan kurang asupan air.

Christmas carol jarang terkena masalah seperti semut dan kutu putih. Jauhkan Christmas carol dari sukulen yang sudah terkena serangan kutu sebagai tindakan pencegahan. Gejala pembusukan juga terbilang jarang terjadi, tapi tetep loh jangan overwatering. Cek terus media tanam sebelum menyiram.

Propagasi Aloe Christmas carol

Anakan Aloe Christmas carol
Propagasi Christmas carol umumnya dilakukan dengan mencabut tunas yang muncul di sekitar tanaman induk. Seperti aloe pada umumnya, Christmas carol tidak bisa dipropagasi daun. Jadi jangan repot-repot. Untuk propagasi batang, Aa belum pernah coba untuk Christmas carol. Tapi untuk beberapa aloe lain pernah dicoba. Aa sih saran, jangan untuk Christmas carol soalnya antar daunnya dia padat banget dan batangnya semunya pendek. Untuk aloe yang batang semunya tinggi, seperti Aloe juvenna dan Aloe jucunda hasilnya bagus. Selain menstimulasi pertumbuhan tunas dekat akar, ada pertumbuhan tunas baru juga di bekas potongan. Tapi untuk Aloe varigata yang batang semunya pendek gagal total. Bagian atasnya terlalu pendek karena daunnya langsung lepas setelah dipotong dan bagian bawah yang dijadikan indukan pun berhenti tumbuh lalu tewas. Sad T,T


Over all, buat grower sukulen sejati jangan sampai ketinggalan buat mengkoleksi jenis yang satu ini. Sebagus apa pun fotonya di sosial media, Christmas carol yang dilihat live jauh lebih bagus, ehehe.





Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik



Lanjutkan membaca

>> Apa itu Overwatering?

>> Daftar Jenis Sukulen