Kalanchoe beharensis adalah salah satu jenis sukulen yang mudah perawatannya. Sukulen ini berasal dari genus Kalanchoe. Tampilan K.beharensis seperti pohon kecil, batangnya menjulang lurus ke atas dengan daun bertumpuk di atas. Daunnya tumbuh radial, menjauh dari titik tumbuhnya. Makin dekat pucuk, makin rapat formasi daunnya.

Sepintas, tampilannya seperti pohon kelapa, tapi tentu saja ini tidak berbuah. Batangnya cukup keras untuk standar sukulen. Daunnya berbentuk segitiga dengan tekstur bergelombang. Warna daunnya sendiri sangat dipengaruhi oleh asupan cahaya matahari yang diterima. Makin banyak cahaya yang diserap, warna daunnya akan semakin kecoklatan.



Propagasi

Seperti kalanchoe pada umumnya, K. Beharensis dapat dipropagasi batang dan propagasi daun. Kalo Aa, ketika propagasi batang, pemotongan dilakukan di bagian atas. Jadi nanti indukan tetap disisakan beberapa helai daun dan hasil potongannya juga tidak terlalu pendek. Propagasi batang ini biasanya gagal ketika indukan hanya disisakan batangnya saja atau hasil potongannya terlalu pendek. Untuk propagasi daun, persentase keberhasilannya tidak sebagus propagasi batang, Aa sendiri belum nemu triknya. Caranya bisa dengan mencabut daun dengan tangkainya dari batang, lalu setelah kering luka potongnya bisa langsung ditanam. Metode ini kadang berhasil kadang tidak, propagasi sukulen memang misterius. Kadang kalo Aa nemu daun patah, lalu daunnya Aa taro gitu aja di medianya kadang bisa tumbuh juga.



Perawatan

Biasa, seperti sukulen pada umumnya ya, pakai media tanam yang bisa cepat kering setelah disiram. Penyiraman dilakukan ketika media sudah kering saja biar tidak busuk batangnya. Kalo uda terlanjur busuk, segera amputasi bagian yang busuk biar tidak menjalar ke bagian yang sehat (bisa kontak Aa via whatsapp buat step by stepnya). Untuk pencahayaannya sendiri, K. Beharensis relatif fleksibel. Bisa indoor dengan catatan terang tempatnya, paling nanti daunnya akan berwarna kehijauan dan warna coklat keemasannya berkurang.

Untuk outdoor, K. Beharensis bisa survive full sun. Warna coklat keemasannya akan terlihat mentereng. Catatan, waspadai underwatering untuk penempatan outdoor. Kalo uda mulai terlihat daunnya kering dan mulai berguguran, itu tandanya penyiraman harus mulai ditambah frekuensi penyiramannya.




Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik




Lanjutkan membaca

>> Daftar Jenis Sukulen

>> Cara Menyiram Sukulen