"Ada Rekomendasi untuk Sukulen Indoor?"


Sepertinya postingan kemarin cukup berdampak ya. Untuk pertumbuhan yang optimal, yang bisa kita lakukan sebagai grower adalah memberikan lingkungan tumbuh yang optimal untuk sukulen yang kita rawat.


Dengan background habitat yang berbeda-beda, sukulen punya kebutuhan akan cahaya yang bervariasi. Kalo kamu pernah baca Ebook "Mengenal Kaktus dan Sukulen lainnya" pasti uda paham ya soal habitat ini.

Yang membedakan Sukulen indoor dan outdoor adalah asupan cahaya yang diterima. Untuk pot dan media tanam sendiri, mayoritas sama aja. pakai kombinasi pot-media yang bisa mendukung penyerapan air dan drainase yang baik agar air tidak lama mengendap di media tanam. Indoor ataupun outdoor sama sama tidak akan bertahan dengan media yang lembab.


Table decor


Apa Sukulen indoor perlu Dijemur?


Tentu, tetap perlu dijemur setelah disiram.


Tapi kebutuhan cahayanya tetap tidak sebanyak sukulen yang biasa outdoor. Bahkan ada beberapa jenis yang agak anti kena cahaya matahari langsung. 


Untuk memilih sukulen Indoor, ada satu pedoman yang Aa pakai,.

"Daun/batangnya keras dan berwarna hijau"


Yuk kita cek satu persatu jenis sukulen yang cukup strong buat indoor.



Gasteria

Gasteria ini batangnya kokoh, keras dan mayoritas berwarna hijau. Bentuk daunnya seperti lidah sapi, tumbuh dari tengah ke dua arah yang berlawanan seperti kipas. Untuk outdoor kurang bagus karena gampang terbakar tepi daunnya. Akarnya panjang dan tebal, selama ga overwatering ga ada masalah. Permasalahan hama pun jarang banget.

Sukulen Gasteria



Haworthia

Kalau jenis yang satu ini pasti uda pada kenal. Kebutuhan cahayanya bisa lebih banyak dari gasteria, tapi dia lemah banget sama terik matahari. jadi kamu bakal nemu trade off antara ujung daun yang kering sama etiolasi. Yes, sukulen yang tampak tanggguh ini bisa etiolasi kalo pencahayaannya buruk.

Sukulen haworthia



Sansevera

Ini jenis klasik yang uda jadi langganan Ibu ibu jaman old. Mungkin sebagian grower juga baru tahu kalau Sanse ini juga tanaman sukulen. Pernah denger kalo sukulen bisa mengurangi polusi dan bermanfaat bagi kesehatan? Nah ini, anggota keluarga sukulen ini yang dimaksud. Spesifiknya jenis Lidah mertua "Sansevera trifasciata".
Link paper penelitiannya bisa dilihat disini

Lidah mertua



Rhipsalis

Nah ini, Kaktus yang oke buat indoor. sepintas memang ga keliatan kalo ini dari keluarga kaktus. Kaktus ini tidak berduri atau berbulu, tapi dia kaktus. Tau kan ciri kaktus apa aja?
ayo, buka lagi ebooknya.

Rhipsalis


Dari 4  genus ini, kamu bisa tuh ngubek ngubek spesies yang kira kira cocok. Banyak kok pilihannya. Bisa disesuaikan dengan preferensi dan kondisi di rumah. Kalo ada anak kecil di rumah, yaa jangan yang ujungnya tajamlah ya.

Oke, sekian dulu yaa. semoga bermanfaat. Kalo ada rekomendasi lain, bisa tulis di kolom komentar.


Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
    

Lanjutkan membaca


>> 10 Jenis Sukulen yang mudah Dipropagasi

>> Sukulen VS Air Conditioner (AC)