"Sukulen saya kok jadi busuk?"


Diantara semua permasalahan yang mungkin dialami oleh grower sukulen, pembusukan adalah yang paling sering terjadi. Betul ataubenar?
Pembusukan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  • Jamur
  • Hama
  • Overwatering

Di postingan ini, topik bahasannya adalah Overwatering. Overwatering adalah penyiraman berlebihan yang mengakibatkan air yang diterima sukulen lebih banyak dari yang bisa diserap. Kelebihan air ini menyebabkan sel-sel dalam tubuh sukulen dipenuhi air hingga selnya pecah.



Penyebab Overwatering

Sorry to say, Overwatering mayoritas karena faktor Human error. Biasanya, terjadi sama yang awal banget punya sukulen. Aa juga dulu gitu, awal awal punya pengennya tuh disiram terus biar cepet tumbuh. Ada yang gitu juga ga?

Human error ini, ga cuma dilakukan oleh Growernya loh. Kadang juga dilakukan oleh ART yang ga tau tentang sukulen,. Jadi ketika ART nyiram kebun, Sukulennya disamaratakan penyiramannya dengan tanaman lain. Padahal growernya udah hati hati banget, tapi lupa ngasih tau ART nya.

Trus, satu lagi yang sering terjadi, yaitu,... KEHUJANAN. ada yang pernah mengalami? abis nyiram, trus dijemur. Ditinggal kerja atau ke pasar, trus ujan, dan sukulennya lupa ga di masukin lagi. Sering nih kejadian gini di musim penghujan. Pernah?



Gejala Awal dan Penanganan Overwatering

Gejala overwatering yang paling kelihatan adalah perubahan bentuk pada daunnya. Kontras dengan Underwatering yang menyebabkan daun sukulen jadi keriput, Overwatering membuat daun sukulen jadi terlihat lembek berair.


Umumnya, perubahan terjadi pada daun yang berada paling bawah, dekat akar. Lalu menyebar ke daun yang lain. Kalo Aa perhatiin, ada pola perubahan pembusukan pada sukulen tergantung jenisnya.

Untuk sukulen berakar serabut halus, seperti echeveria pembusukan dimulai dengan kerusakan akar. Selanjutnya ada dua kemungkinan, pertama, pembusukan terjadi perlahan mulai dari yang paling bawah sebelum akhirnya menyebar ke batang. Kedua, batangnya busuk duluan sehingga semua daunnya kena pembusukan.

Kalo terjadi case pertama, yang bisa dilakukan adalah memotong bagian bawah yang uda terlanjur busuk. Selanjutnya dilakukan penangan seperti propagasi batang. Sebaliknya, kalau terjadi yang kedua, yang bisa dilakukan adalah menyelamatkan daun yang sehat untuk kemudian dipropagasi daun.

<< ORDER DISINI >>  


Sebagian echeveria seperti Blackprince malah lebih ekstrim. Kalau terjadi overwatering, semua daunnnya akan otomatis rontok, menyisakan batangnya yang perlahan membusuk. Jadi, jenis kayak gini bakalan susah dilakukan penyelamatan atau identifikasi di awal. 




Untuk sukulen dengan akar yang agak tebal, pembusukan dimulai dari daun yang paling bawah. Baru nanti akar dan batangnya menyusul. Penanganannya dilakukan dengan cara membuang semua daun yang terlanjur busuk. Harus tega, memotong dan membersihkan semua bagian yang busuk.

Sukulen dikeluarkan dari media, dibersihkan dan diangin angin kan sampai benar benar kering. Baru ditanam lagi setelah kering di media dan pot baru.




Penanganan ini hanya bisa berhasil kalau akarnya belum busuk dan semua bagian yang busuk sudah benar benar dibersihkan sebelum pengeringan.



Oke, sekian dulu yaa. semoga bermanfaat. Kalo ada pengalaman serupa, bisa tulis di kolom komentar.


Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik







Lanjutkan membaca


>> Cara Menyiram Sukulen

>> Cara Melakukan Water Propagation



<< CARI RAK TANAMAN IDAMAN ANDA DISINI >>