Ayo bedakaan~

Salah satu peer besar bagi setiap pecinta tanaman hias adalah membedakan mana tanaman A, mana tanaman B. kadang kalau jenisnya mirip mirip ya jadi bingung juga. Sebagai pecinta tanaman hias, pengetahuan dasar mengenai nama dari tanaman yang sedang dirawat atau akan dibeli sangat penting sekali. Apalagi jika ada kaitannya dengan harga beli

Jangan sampai rugi, bu ibu!

Salah satu contoh kasus dimana buyer masih sering salah adalah tentang perbedaan antara haworthia fasciata dan haworthia attenuata.

Perbandingan antara fasciata dan attenuata


Haworthia fasciata dan Haworthia attenuata adalah dua jenis tanaman hias yang sering disalahartikan sebagai satu sama lain karena memiliki tingkat kemiripan yang cukup besar. Namun, ada beberapa aspek pada keduanya yang dapat membantu membedakan kedua spesies tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan Haworthia fasciata dengan Haworthia attenuate, simak baik-baik ya:

 

  • Bentuk daun

Haworthia fasciata memiliki daun yang lebih lebar, lebih rigid (kaku), dan daunnya yang keras itu tumbuh agak melengkung ke area dalam, sementara Haworthia attenuata memiliki daun yang lebih tipis, lebih lunak, dan daunnya cenderung lurus lancip.

haworthia attenuata daunnya relatif lurus


  •  Pola pada daun

Haworthia fasciata memiliki pola putih atau transparan yang teratur pada daunnya, sedangkan Haworthia attenuata memiliki pola yang lebih tidak teratur dan cenderung lebih kecil.

haworthia fasciata pola pada daunnya lebih jelas


  •  Ukuran tanaman

Haworthia fasciata biasanya lebih besar dan memiliki batang yang lebih panjang daripada Haworthia attenuata yang umumnya lebih pendek.


  • Habitat asli

Haworthia fasciata berasal dari Afrika Selatan dan umumnya tumbuh di padang rumput yang kering, sedangkan Haworthia attenuata berasal dari daerah yang lebih berbatu di Afrika Selatan.


  •  Ketersediaan dan harga di pasaran

Haworthia attenuata lebih umum ditemukan di pasar karena lebih mudah ditemukan dan diperbanyak, sedangkan Haworthia fasciata lebih jarang ditemukan dan memiliki harga yang lebih tinggi.

 

Dalam hal kerawanan perawatan, kedua tanaman ini serupa dan membutuhkan perawatan yang serupa. Namun, karena adanya faktor sensitif (iya, duit), perbedaan ini harus dipahami dengan baik. Jangan sampai kamu kepengennya beli fasciata, eh sama sellernya dikasih attenuate. Harganya beda loh bund!

selain kedua jenis di atas, ada juga haworthia lain yang juga populer, yaitu haworthia reinwardtii. next ;ah Aa bahas

Ada yang mau ditanyakan? Boleh langsung di kolom komentar atau chat aja via whatsapp (0821 1998 3679

 

Baca artikel sebelumnya >>

Cara Merawat Mammilaria elongata