Senecio jacobsenii

 

Senecio jacobsenii adalah tanaman sukulen banyak ditemukan di Kenya dan Tanzania. Biasanya ditemukan di ketinggian 1300-2450 meter di atas permukaan laut. Senecio ini dikenal juga dengan nama Weeping jade, trailing jade, dan vining jade.

trailing jade
Senecio jacobsenii


Sumber : worldofsucculents

Mengenal lebih dekat sukulen Senecio jacobsenii

Senecio jacobsenii adalah sukulen dengan batang dan daun berwarna hijau. Tumbuh merambat dengan batangnya yang bisa bercabang dan menumbuhkan akar gantung yang membuatnya dapat menempel pada media tanam atau benda-benda di sekitarnya.

Ciri fisik dari Senecio jacobsenii antara lain:

  • Batang: tebal, berdaging khas sukulen. Panjangnya bisa mencapai 50 cm dengan tebal sekiar 5-10mm. batangnya lunak dan fleksibel, serta dapat tumbuh akar gantung.
  • Daun: Daun Senecio jacobsenii berbentuk pipih, dengan tepi membulat. Warnanya hijau, namun dalam kondisi stress dapat berubah menjadi keunguan. Daun tebal dan menempel pada batang.

Tanaman ini mudah dirawat dan diperbanyak, juga dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi sinar matahari yang terik.

Cara merawat sukulen Senecio jacobsenii

Berikut adalah beberapa tips cara merawat Senecio jacobsenii:

  • Sinar matahari: Senecio jacobsenii membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Tempatkan tanaman di area yang terkena sinar matahari langsung selama beberapa jam sehari. Dalam kondisi yang sangat panas, sebaiknya penyiraman dilakukan lebih sering agar tanaman ini tidak kering.
  • Air: Tanaman ini tahan kekeringan dan tidak memerlukan banyak air. Sebaiknya disiram saat tanah sudah benar-benar kering, dan pastikan untuk tidak memberi terlalu banyak air agar tidak membusuk.
  • Tanah: Tanah yang digunakan untuk menanam Senecio jacobsenii sebaiknya memiliki drainase yang baik dan mengandung banyak pasir. Meski demikian, akarnya yang kuat membuat tanaman ini tidak terlalu rewel dengan media tanam.

 

Tampilan cantik Senecio jacobsenii

Cara memperbanyak sukulen Senecio jacobsenii

Cara yang paling umum untuk memperbanyak Senecio jacobsenii adalah dengan stek. Ambil stek dari ujung batang  lalu letakkan di dalam pot dengan tanah yang telah disiapkan. Stek batang yang diambil sebaiknya tidak terlalu pendek. Baiknya sekitar 15-20cm dan sudah memiliki akar gantung atau tonjolan calon akar pada batangnya.

Meskipun Senecio jacobsenii relatif mudah dirawat, ada beberapa kesulitan yang mungkin ditemui, yaitu:

  • Suhu terlalu panas: meskipun pada dasarnya tanaman ini kuat full sun full rain, dalam kondisi yang sangat panas daun dan batang bisa melepuh. Sebaiknya, jika cuaca sangat panas tanaman ini dipindahkan dulu ke tempat yang sejuk.
  • Serangan hama dan penyakit: Senecio jacobsenii dapat diserang oleh beberapa hama dan penyakit seperti kutu daun, thrips, dan serangga yang merusak akar. Dalam kondisi akar sehat, jarang sekali ditemukan kasus overwatering. Pembusukan biasanya terjadi ketika akar sudah rusak oleh hama.

Ada yang mau ditanyakan? Boleh langsung di kolom komentar atau chat aja via whatsapp (0821 1998 3679

 

Baca artikel sebelumnya >>

Cara merawat Kaktus Mammilaria prolifera 

Cara merawat Kaktus Tulang Ikan