Apa sih bedanya Kaktus dan Sukulen?



Opuntia, salah satu jenis Sukulen dari keluarga Kaktus


Seringkali itulah pertanyaan pertama yang ada di benak para kolektor dan pecinta tanaman hias lainnya. Apakah Kaktus termasuk sukulen, atau malah sukulen juga kaktus, atau keduanya adalah dua hal yang sangat berlainan? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini wajar sekali ditanyakan karena jenis dari kedua kelompok tanaman tersebut yang memang mirip satu sama lain.



Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, harus dipahami terlebih dahulu bahwa sebenarnya istilah sukulen bukan merupakan nama sebuah family tumbuhan, akan tetapi sukulen adalah istilah untuk tumbuhan (termasuk di dalamnya kaktus) yang memiliki kemampuan untuk menyimpan air dalam jumlah banyak untuk dapat bertahan pada kondisi kering/kekurangan air.


<< ORDER DISINI >>


Sukulen (atau succophyte) adalah tumbuhan yang memiliki setidaknya satu jaringan sukulen. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa sifat sukulen bisa terdapat dalam satu atau lebih dari bagian tubuh tumbuhan. Sukulen daun (jaringan sukulen ada pada daun) ada pada beberapa keluarga tumbuhan dan biasanya ada pada tumbuhan yang hidup di lingkungan dengan masa kekeringan yang tidak terlalu panjang.

Sukulen batang seperti kaktus memiliki jaringan sukulen pada batangnya. sukulen batang memiliki daun-daun yang ukurannya sangat kecil atau bahkan tidak ada  dan fotosintesis dilakukan oleh batangnya yang berwarna hijau. sukulen batang dapat bertahan di lingkungan yang lebih kering. sukulen akar memiliki bagian untuk penyimpanan di bawah tanah. penyimpanan air tersebut terlindung dari cuaca ekstrim dan predator. So, basically Kaktus merupakan bagian dari kelompok besar sukulen.

Tumbuhan lain yang merupakan sukulen selain kaktus bisa berupa monokotil atau dikotil. pertumbuhan, pembuahan dan struktur bunga sangat bervariasi satu sama lain karena tumbuhan yang termasuk pada kategori sukulen berasal dari sejumlah besar famili tumbuhan seperti Agavaceae, Crassulaceae, Euphorbiaceae, Liliaceae dan masih banyak lagi.

So, udah kebayang kan ya bedanya apa?





Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik







Lanjutkan membaca




<< VACUUM PORTABLE TERBAIK 2021 >>