Family name : Crassulaceae


species name   : Crassula ovata




Crassula ovata
Jika ada yang bertanya tentang rekomendasi tanaman hias indoor dari keluarga sukulen, Crassula ovata adalah yang akan pertama kali saya sebut. Dibanding sukulen yang lain, C. Ovata punya daya tahan yang lebih kuat dan pertumbuhan yang lebih cepat. Daya tahan yang dimaksud adalah ketahanan untuk tidak langsung mati kekeringan ketika lama tidak disiram dan tidak langsung busuk ketika overwatering.

C. ovata memiliki daun hijau yang lebar, menandakan banyaknya jaringan penyimpanan air dan laju pengolahan makanan via fotosintesis yang lebih cepat. Batangnya akan berubah kecoklatan dan semakin mengerasa seiring bertambahnya usia. Pada tanaman yang sudah berusia lanjut, C. Ovata akan tampak seperti bonsai dengan daun hijau yang rimbun.

Ketika tidak mendapat asupan air yang cukup, daun akan mulai mengkerut, beberapa daun yang paling tua akan kering dan berguguran, meninggalkan daun-daun muda yang masih hijau. Dalam kondisi ekstrim seperti ini C. Ovata masih bisa diselamatkan dengan penyiraman teratur. Sebaliknya, dalam kondisi overwatering, daun akan berubah kekuningan dan menjadi lembek. Ini adalah pertanda yang jelas agar anda segera mengurangi penyiraman. Setidaknya tunggu sampai media benar-benar kering sebelum menyiram. Untuk daun yang terlanjur busuk bisa langsung dicabut tanpa memberikan efek ke sisa jaringan tumbuhan yang lain. Hanya ketika batangnya membusuk anda harus benar-benar mengucapkan selamat tinggal.

Propagasi pada C.ovata sangat mudah. Anda bisa melakukannya dengan daun ataupun dengan pemotongan batang. Saya pribadi menyarankan dengan pemotongan batang karena dapat menghasilkan individu baru lebih cepat. Selain overwatering, masalah yang mungkin timbul adalah kutu putih. Pencegahannya dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan media (menjauhkannya dari semut dan segera membuang daun yang busuk/kering) dan menjauhkannya dari tanaman yang sudah terkena hama kutu putih.

C. ovata atau sering juga disebut dengan nama ‘Jade Plant’ merupakan salah satu spesies ‘wajib’ bagi anda yang sedang berburu tanaman hias indoor. Tidak banyak tanaman hias indoor yang tidak banyak maunya. SO, jangan sampai anda melewatkan C. Ovata sebagai koleksi tanaman hias anda.



Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca


>> Daftar Jenis Sukulen

>> Memilih Media tanam untuk Sukulen