Sukulen Echeveria
Echeveria Blackprince

Deskipsi Sukulen

Echeveria Black Prince adalah salah satu spesies paling terkenal dari genus Echeveria. Bentuknya standar roset seperti Echeveria pada umumnya. Daun-daunnya berwarna  gelap (ungu cenderung hitam) pada area yang terkena sinar matahari secara konstan dan kehijauan untuk area daun yang tidak terkena cahaya langsung.

Echeveria Black Prince cocok diletakan sebagai posisi center dalam rangkaian pot yang berisi beberapa sukulen. Pertumbuhannya relatif lambat dan bunganya jarang sekali muncul.

Cara merawat sukulen Echeveria

                Memilih media tanam untuk Sukulen

Media tanam sukulen yang baik adalah media tanam yang mengakomodasi kebutuhan hidup sukulen dalam pot. Mayoritas sukulen membutuhkan media tanam yang cepat kering dan tidak menahan air dalam pot. Tanah yang lembab dan menyimpan air dalam waktu lama bisa menyebabkan pembusukan akar sukulen.

Komposisi media tanam sukulen yang digunakan biasanya berupa campuran aneka pasir kasar (bisa yang murah seperti pasir bangunan atau pasir malang), sekam dan pupuk kandang sebagai pelengkap nutrisi.

Berikut perbandingan komposisi media tanam sukulen yang biasa dipakai.
                                       2:2:1
                   (pasir : sekam : pupuk kandang)
Untuk pembasan selengkapnya tentang media tanam bisa dibaca disini.

                Cara menyiram sukulen

Setelah membeli sukulen dan membawanya pulang, mungkin yang terlintas dibenak grower adalah segera menyiramnya. Padahal, penyiraman sukulen adalah langkah krusial dalam pemeliharaan sukulen. Sebelum menyiram sukulen, ada beberapa hal yang haru dipahami oleh Grower.

kapan menyiram sukulen? Sukulen disiran kalau medianya kering saja, untuk mencegah pembusukan akar. Durasi antar penyiraman bisa berbeda beda tergantung jenis sukulen, cuaca dan media yang grower pakai. Cara menyiram sukulen ada beberapa metode,. Grower bisa membacanya disini.

Budidaya tanaman sukulen

Sukulen jenis Echeveria Black Prince bisa diperbanyak (propagasi) dengan dua cara yaitu dengan metode propagasi batang dan propagasi daun. Untuk Sukulen Echeveria Black Prince baiknya pakai propagasi daun, apalagi kalau ada daun yang tidak sengaja terlepas dari batangnya. Untuk Propagasi batang sebaiknya ditunggu sampai sukulen ini tumbuh besar (seluruh daun menutupi permukaan pot) atau ketika mengalami etiolasi karena defisiensi cahaya matahari.

Permasalahan pada Sukulen

Pada umumnya, permasalahan pada sukulen ini adalah serangan kutu putih dan pembusukan. Serangan kutu putih bisa berasal dari media yang pernah ditinggali kutu putih atau tertular dari tanaman lain yang juga terkena kutu putih. Dalam kasus lain, ada juga sukulen yang diserang kutu putih setelah lama sekali tidak disiram.

Pembusukan umumnya terjadi karena penyiraman berlebih atau penggunaan media yang tidak tepat. Bisa juga karena terlambat memberikan perawatan ketika sukulen kehujanan (ini sering terjadi). Jika sukulen anda kehujanan dan ragu apa harus dibongkar atau tidak, anda bisa menghubungi hotline Succulentpedia (WA 0821 1998 3679).

Selain kedua hal tersebut, sukulen ini juga rentan dengan etiolasi/stretching ketika disimpan di tempat dengan pencahayaan yang kurang memadai. Tidak menyebabkan gangguan kesehatan memang, tapi dari segi estetika valuenya turun sekali.


Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca