Sukulen sebenarnya dapat diperbanyak dengan mudah, asal tahu triknya,.
                Sukulen adalah tanaman yang mampu bertahan lama dalam kondisi minim air dengan cara menyimpan cadangan air pada batang, akar atau daun. Batang/akar/daun sukulen membentuk lapisan tebal ketika menyimpan air. Sukulen dapat  diperbanyak dari jaringan-jaringan yang membentuk lapisan tebal tersebut.

               Pada pembahasan kali ini, Little Garden akan sedikit mengulas tentang perbanyakan/propagasi sukulen dari daun. Perbanyakan dari daun yang mudah dilakukan salah satunya perbanyakan dari jenis Echeveria.

Langkah pertama: Mencabut daun

               Waktu yang paling tepat untuk mencabut adalah ketika musim panas, atau sekitar bulan juli-Agustus. Ketika itu, sukulen sedang aktif pertumbuhannya. Daun yang dicabut diusahakan daun yang paling tua, yaitu yang berada di bagian dasar. Proses pencabutan dilakukan perlahan dengan menggoyang-goyangkan daunnya perlahan, lalu setelah terlihat akan lepas, daunnya di putar perlahan sampai akhirnya lepas. Daun yang paling baik untuk propagasi adalah daun yang terlepas sempurna dari batangnya, tanpa ada bagian yang patah. Meskipun mudah dilepas daunnya, usakan jangan sampai merusak daunnya.

Langkah kedua: Menjemur daun

               Setelah daun dilepas, daun dibiarkan kering agar bekas luka di bagian ujung daun yang terlepas dari batang mengering. Biasanya sekitar 1-3 hari, tergantung temperatur disekitar tempat menyimpan daun. Jika setelah dicabut langsung ditanam dan disiram, kemungkinan besar daun tersebut akan menyerap terlalu banyak air kemudian membusuk. Daun yang patah atau cacat biasanya akan membusuk. Daun yang telah terlepas dengan baik bisa segera dikeringkan. Tidak semua daun yang telah dijemur mengering dengan baik, sebagian biasanya membusuk atau malah mati kekeringan,..

Langkah ketiga: Menyimpan daun dalam wadah

               Daun yang sudah kering (lukanya tertutup) / callous dapat diletakan di sebuah wadah yang telah diisi media. Media tanam bisa berupa campuran pupuk kandang, sekam bakar dan pasir. Lalu dibagian atasnya bisa diberi lapisan pasir malang secara merata untuk mempercepat pertumbuhan akar. Daun yang telah siap ditanam dimasukan kedalam media dengan seperempat bagiannya menancap di didalam media. Pastikan bagian yang menancap adalah bagian yang ada bekas luka potong, bukan sebaliknya. Wadah ditempatkan di tempat yang terang namun tidak terkena cahaya matahari langsung.
fotoby ig @rubahlicik

Langkah keempat: Menyiram daun

               Berbeda dengan sukulen dewasa, sukulen yang ditumbuhkan lewat propagasi daun memerlukan penyiraman rutin. Penyiraman dilakukan dengan semprotan secara merata di permukaan wadah. Penyiraman dilakukan setiap hari atau ketika bagian atas media sudah mulai kering. Idealnya penyiraman dilakukan dengan semprotan agar kelembaban medianya merata.

Langkah kelima: perawatan

               Daun yang ditanam biasanya mulai tumbuh akar dalam waktu sekitar 3-5 minggu. Penyemprotan dilakukan secara rutin untuk menjaga tingkat kelembaban di dalam media. Usahakan bagian akar dari daun yang mulai tumbuh tetap berada di bawah media (tidak muncul ke permukaan) karena bisa menyebabkan daun (calon sukulen baru) mengering lalu mati. Daun yang ditanam dapat tumbuh menjadi sukulen dewasa dalam beberapa bulan. Setelah cukup besar, sukulen baru dapat dipindah ke pot yang baru dan diperlakukan sebagai sukulen dewasa. Echeveria yang sudah cukup besar dapat dipindah ke pot khusus dan dirawat sebagai sukulen dewasa.

Penutup

              Biasanya, tidak semua daun dalam proses propagasi tumbuh dengan baik menjadi sukulen dewasa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan propagasi, yaitu internal seperti kesehatan daun dan faktor eksternal seperti lingkungan penanaman dan perwatan yang diberikan. Disarankan, dalam sekali proses propagasi daun yang ditanam cukup banyak. Tingkat keberhasilannya tidak 100%, namun prosesnya sendiri tidak terlalu sulit.



It’s a nothing to lose process.
Selamat mencoba :)




Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  

Lanjutkan membaca


>> Memilih Media Tanam untuk Sukulen

>> Echeveria Blackprince