Family name : Euphorbiaceae
Species name : Euphorbia flanaganii

Pertama kali lihat sukulen ini, saya langsung penasaran. Ini sukulen apa, ya? Waktu pertama beli saya ga ‘ngeh’ kalo ini adalah euphorbia. Makanya waktu posting foto tanaman ini buat dijual sempet bingung dan di-post tanpa nama. Trus waktu ngecek draft buku (yes, I’m writing an ebook, beli yaa ntar, hahaha) baru deh nemu. Sukulen ini namanya Euphorbia flanaganii cristata dan memang waktu dicek dengan disentuh agak kasar dia memang mengeluarkan getah putih sebagaimana Euphorbia pada umumnya.
E. flanaganii cristata tidak berduri, tumbuh melebar, tidak menjulang seperti mayoritas euphorbia yang lain. Warnanya hijau dengan daun kecil diseluruh permukaan tubuhnya. Bentuk cristata-nya mengingatkan saya pada Opuntia fulgida, bedanya batang flanaganii lunak seperti tulang rawan dan bergetah saat diganggu.
Euphorbia flanaganii

E. flanaganii cristata menyukai tempat yang terang. Jika awalnya diletakkan di tempat yang agak redup, jangan langsung memindahkannya ke tempat yang terang, tapi geserlah perlahan ke tempat yang terang agar perubahan lingkungannya tidak terlalu drastis. Gunakan media yang cepat kering agar penyiraman bisa lebih sering di musim kemarau. Hindari penyiraman berlebihan di musim penghujan. Sukulen ini termasuk jenis yang bisa tumbuh dengan cepat jika disiram dengan baik dan mendapat cahaya matahari yang cukup.
Sukulen cristata tidak berbunga, jadi perbanyakan sukulen ini otomatis hanya bisa dilakukan secara vegetatif. Gunakan propagasi batang ketika ukuran sukulennya sudah cukup besar untuk memperbesar tingkat keberhasilan. Berhati-hatilah dengan getah putih yang dikeluarkan oleh sukulen ini karena bisa menyebabkan iritasi.

Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  

Lanjutkan membaca


>> Daftar Jenis Sukulen

>> Mitos Batu Drainase