Sukulen adalah sebutan khusus untuk tanaman yang memiliki kemampuan untuk menyimpan cadangan air dalam tubuhnya. Keberadaan cadangan air tersebut membuat sukulen relatif lebih tahan terhadap kondisi kekeringan tanpa air.

Selain daya tahannya, hal menarik dari sukulen adalah penampilannya yang mencolok jika dibandingkan tanaman lain. Tidak sedikit orang yang menghabiskan sebagian penghasilannya untuk mengoleksi berbagai jenis sukulen yang menarik hati. Anda mungkin salah satunya.

Di artikel kali ini, Succulentpedia akan membahas tentang ciri ciri jenis tanaman sukulen yang membedakannya dengan sukulen dari keluarga tanaman yang lain. Karena tak kenal maka tak sayang, maka marilah kita kenal lebih baik berbagai jenis sukulen di sekitar kita.
 Berikut adalah beberapa keluarga sukulen yang paling terkenal.

  •      Keluarga Kaktus


Kebanyakan orang masih bingung membedakan mana yang kaktus dan mana yang sukulen tapi bukan kaktus. Karena jumlah spesiesnya yang memang paling banyak, seringkali kaktus dianggap sebagai representase dari sukulen. Sayangnya, karena mengira semua sukulen adalah kaktus ada yang menyamaratakan perlakuan untuk kaktus ke sukulen lain. Hasilnya jelas,..

So, bedanya apa?

Satu hal yang paling bisa membedakan kaktus dari sukulen lain adalah keberadaan areol. Areol adalah lekukan kecil tempat tumbuhnya duri, batang baru dan bunga. Ketiga item tadi muncul dari sebuah areol. Sukulen jenis lain tidak punya areol. Coba cek deh. Sukulen kamu ada areolnya atau tidak?


  •       Keluarga Euphorbia

Euphorbia mungkin adalah tipe sukulen yang paling sering disamakan dengan kaktus karena penampilannya yang juga berduri. Tapi ya, kalo diperhatikan lebih dekat, kita akan melihat kalo ternyata, berbeda dengan kaktus, duri pada euphorbia ga bisa lepas dari batangnya. Why? Karena sejatinya, duri atau tanduk pada euphorbia adalah bagian dari batang yang berubah bentuk. Beda dengan kaktus yang batang dan durinya adalah dua elemen yang berbeda.

Cara lain untuk mengidentifikasi sukulen euphorbia adalah dengan menyentuh dengan keras atau memberinya gangguan. Jika muncul cairan lengket warna putih,.. nah itu berarti euphorbia


Stay tune di artikel berikutnya yaaa,..
masih ada beberapa jenis keluarga sukulen populer lain yang akan dibahas di Succulentpedia.



Ada yang belum download aplikasi Littlegarden?
Serius, belum? Yuk download aplikasi Littlegarden untuk mengakses semua konten dan downloadable item dari Littlegarden. Satu aplikasi untuk semua konten. Tinggal klik aja





Kalau merasa aplikasinya bermanfaat silahkan share dengan hobiis sukulen yang lain biar orang lain juga dapetin manfaatnya. Kalo ada kekurangan bisa langsung kontak adminnya. InsyaAllah akan direspon dengan baik


Klik link di bawah untuk mendownload aplikasi Littlegarden





 


Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik




Lanjutkan membaca


>> Apa Beda Kaktus dengan Sukulen

>> Daftar Jenis Kaktus