Banyak orang yang masih belum tahu bedanya Euphorbia dengan sukulen lain, terutama Kaktus yang sekilas mirip sekali. Padahal sebenarnya berbeda sekali loh. Euphorbia punya dua ciri khas yang membedakannya dari Kaktus. Mari kita bahas satu persatu


1. Euphorbia tidak punya Duri

Loh? benarkah?
Berbeda dengan kaktus, duri pada kaktus adalah suatu jaringan khusus yang tumbuh terpisah dari batang utama. jadi bisa terlepas tanpa melukai atau berpengaruh pada batang utama. Berbeda dengan Euphorbia yang tidak memiliki duri sejati, akan tetapi perubahan bagian batang tertentu yang meruncing sehingga tampak seperti duri. So, bagian tajam dari Euphorbia tidak bisa dilepas dari batangnya tanpa melukai batang utamanya.


2. Euphorbia punya Getah

Euphorbia punya getah seperti latex berwarna putih yang bisa muncul dari batangnya. Berbeda dengan getah kaktus yang mayoritas berwarna bening, getah Euphorbia berwarna putih dan lebih kental. Getah ini bisa menyebabkan iritasi dan sangat lengket, sehingga disarankan untuk selalu menggunakan sarung tangan ketika menghandle Euphorbia.

Euphorbia umumnya tumbuh relatif lebih cepat dari kaktus. Tidak jarang ditemui euphorbia yang tingginya mencapai dua meter. Selalu berikan pencahayaan yang baik dan penyiraman yang teratur untuk pertumbuhan yang maksimal.

Gimana? keren kan Euphorbia?



Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik




Lanjutkan membaca


>> Daftar Jenis Sukulen

>> Cara Membedakan Kaktus dari Sukulen