Pernah ngerasain ribetnya pindahan?
Nah, salah satu yang bikin tambah ribet pindahan adalah ketika harus mindah-mindahin tanaman kesayangan juga. Yaa, masa mau ditinggal??

Di postingan kali ini saya mau sharing tentang packing Sukulen, siapa tahu ada yang mau pindahan rumah atau mau ikutan jualan tanaman hehe,.. Sekalian buat ngejawab pertanyaan buyer yang pengen tahu cara saya ngirim sukulen ke luar kota.

Yuk cek video Unboxing kiriman salah satu Customer







Sebelum dipacking, yang pertama harus dilakukan adalah mengeringkan bagian akar sukulen. As we know, salah satu penyebab  kematian sukulen adalah pembusukan. Jadi kalo sukulen yang akarnya masih basah disimpan di tempat lembab atau wadah tertutup besar kemungkinan bakal busuk.

Pengeringan sendiri bisa satu sampai dua hari tergantung segimana basah akarnya (apalagi kalo baru disiram). Pengeringan saya lakukan di tempat terang tapi ga kena cahaya matahari langsung. Semacam diangin-angin gitulah, soalnya kalo di bawah terik matahari langsung trus lupa diangkat kan bisa gosong, apalagi kalo tiba-tiba ujan,. wasalam.



Setelah beres pengeringan, kalo masih ada sisa tanah bisa dibersihkan dengan sikat gigi bekas. Kalo akarnya pendek, atau ada sisa tanah yang susah dibersihin bisa dilapis dengan tisu agar ketika dimasukan tempat tertutup, sisa air atau kelembaban yang tersisa di akar bisa diserap tisu.

Tips ini saya dapat dari cerita rekan seller lain. konon ceritanya, ada yang ngirim tanpa dibersihin menyeluruh akarnya trus ga dilapis tisu. Ternyata, jasa ekspedisi yang dipakainya bermasalah (ini kasus real dan kadang emang terjadi). Estimasi sampainya molor beberapa hari, sehingga tanaman berada dalam box lebih lama dari semestinya.

Hasilnya jelas.. waktu sampai ke customer tanamannya busuk semua. Jasa ekspedisi kan selalu benar ya? jadi yang rugi ya seller lagi mesti ganti rugi.

Pengeringan adalah Kunci!

Setelah Sukulen siap dikirim, packing yang biasa saya pakai adalah buble wrap dan kertas hvs bekas. Biar murah pake kertas reuse, kayak bekas revisian skripsi yang ga kunjung usai padahal uda print puluhan lembar, pfftt..

Buble wrap dipakai untuk sukulen yang mudah patah kayak Echeveria atau sedum dan kaktus grafting. kaktus Grafting agak rawan di sambungan graftingnya. Saya pernah ngirim kaktus grafting  ke sulawesi tanpa buble wrap. Nyampe sana patah di sambungan graftingnya,. ganti deh, huhuhu.

Kalo sukulen yang lain relatif aman pake kertas hvs, tinggal dibundel aja trus dihekter ujungnya biar ga lepas. Sengaja ga dibikin ngepas banget sama sukulennya agar sirkulasinya bagus dan ga lembab. Untuk kaktus yang tajam banget kayak Golden Barrel biasanya saya kasih juga pot plastik buat cover. Selain untuk melindungi tanaman lain, bisa juga untuk melindungi tangan customer ketika unboxing. Sakit banget duri Golden Barrel tuh.

Terakhir, biar aman dan ga kebanting-banting di dalam box, saya masukin tambahan kertas hvs buat ngisi ruang kosong di dalam box. Ini penting, karena kita ga tahu jasa ekspedisi yang dipakai bawanya santay ato engga.

Better ready than sorry kan yaa,..

eh uda dulu ya..

kalo ada yang mau ditanyain bisa isi komentar di bawah :)
Thank youu



Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik



Lanjutkan membaca


>> Memilih Media Tanam untuk Sukulen 

>> Cara Merawat Souvenir Kaktus