Senecio Rowleyanus atau yang juga dikenal dengan nama String of pearls adalah sukulen yang berasal dari Afrika Selatan. Di habitat aslinya, sukulen ini tumbuh merambat di atas tanah. Batangnya akan menumbuhkan akar di area yang dilaluinya. Senecio Rowleyanus biasanya tumbuh di tempat yang teduh, dinaungi bebatuan atau tanaman lain yang lebih tinggi.

Senecio Rowleyanus terbilang populer karena cara tumbuhnya yang unik dan penampilannya yang tidak lazim. Mirip  sayuran leunca kalo kata orang sunda. Dalam pemeliharaan manusia, doi biasa ditanam dalam pot gantung atau jadi tanaman yang menjuntai ke bawah dalam rangkaian sukulen.

Nama julukannya, String of Pearls diambil dari tampilannya yang seperti mutiara berwarna hijau yang tersambung. Daunnya yang berbentuk bulat dapat menyimpan air seperti sukulen pada umumnya. Kalau diperhatikan seksama, di daunnya tampak seperti ada celah kecil di bagian tengah yang berfungsi untuk menerima cahaya yang digunakan untuk berfotosintesis.

Perawatan Senecio Rowleyanus

Media tanam : Seperti sukulen pada umunya, yang diperlukan adalah media yang cepat kering setalah disiram. Saya pakai campuran sekam, pasir kasar dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:2:1. Media lain seperti pasir malang kasar atau perlite juga bagus, yang penting media bisa cepat kering dan tidak mengendapkan air.

Pencahayaan : Senecio Rowleyanus baiknya diletakkan di tempat terang tapi tidak terkena cahaya matahari langsung terutama cahaya terik di tengah siang. Pilih tempat yang teduh tapi terang.

Penyiraman : Senecio Rowleyanus termasuk jenis sukulen yang minum banyak. Saya menyiram sukulen ini dengan air yang cukup banyak tapi selalu menunggu sampai media tanam benar-benar kering sebelum menyiram lagi. Frekuensi penyiraman relatif lebih sering dari sukulen yang lain.

Propagasi : Perbanyakan Senecio Rowleyanus dilakukan dengan cara memotong bagian batang. Bagian batang yang dipotong lalu ditanam ke dalam media. Untuk anakan, sebaiknya di spray tiap beberapa hari agar medianya lembab. Tanaman baru membutuhkan lingkungan yang lebih lembab dari tanaman yang lebih dewasa.



Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik





Lanjutkan membaca


>> Daftar Jenis Sukulen

>> Seberapa Sering Sukulen Disiram?