"Duri kaktus ternyata perih yah?"


Ah, ga sepedih kehidupan kalii........

Kemarin-kemarin, ketika orderan Golden Barrel dan Echinopsis lagi banyak, ada beberapa customer yang mengeluhkan betapa sulitnya mengangkat dan memindahkan kaktus karena durinya yang tajam. Apa lagi jenis golden barrel, ferocactus atau melocactus yang durinya keras dan sangat tajam.

Di postingan kali ini Aa mau share tips repotting Kaktus berduri tajam. Ga banyak sih, ada dua cara yang biasa Aa pake buat repotting.

1.       Pake Capit besi

Di beberapa nursery gede yang uda biasa ngehandle Kaktus berduri, biasanya mereka uda punya capit besi khusus buat repotting. Sayang, tiap Aa nanya beli capit besinya dimana, biasa dijawab dengan ‘duh saya lupa’ atau ‘bukan saya yang beli’.
Iya, asli.. dijawabnya gitu. Sad,. Tapi kalo kamu nyari di shopee ada kok. nih yang kayak gini


                                    <<Capitnya bisa kamu dapetin disini>>

Di video ini Aa pake capit besi kecil yang dibeli di toko peralatan kesehatan. Cara pakenya simpel. Cukup dengan memposisikan kaktus di tengah capit, lalu capit kaktus perlahan dan angkat dari media.



Di video itu terlihat gampang karena medianya masih loose. Kalo medianya uda padet, pasti bakal nempel ke akar kaktus dan ikut keangkat. Nah kalo kasusnya kayak gitu, tinggal dibersihin aja pake sikat gigi bekas tanah yang nempelnya.

Meskipun simpel dan aman, capit ini lumayan mesti ngemodal. Gapapa sih buat investasi, soalnya kepake banget. Jadi kalo ketusuk duri yang kecil banget dan ga bisa dicabut sama tangan, capit ini bisa banget buat nyabutin duri dalam kondisi butuh presisi tinggi.


2.       Pake koran

Caranya, dengan meremas koran secara horizontal seperti memeras baju basah. Koran yang uda diremas berfungsi sebagai capit yang ditempatkan melilit kaktus yang mau direpotting. Cara ini relatif murah banget dan aman. Pake koran bekas yang masih bagus biar lebih keras.

Aa ga nyaranin pake kain tebal atau sarung tangan, soalnya duri kaktus keras tetap tembus kain beda sama koran.



Semoga dua cara ini bisa mengurangi rasa sakit yang didapat Grower pas lagi repotting. Eh sesekali gapapa sih ketusuk duri, biar lebih berasa gitu ngerawat kaktusnya, hehehe.


Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik




Lanjutkan membaca


>> Apa itu Repotting?

>> Daftar Jenis Kaktus