Masih ingat bahasan tentang Kaktus hutan kemarin? Pada postingan kali ini aa mau bahas tentang salah satu jenis kaktus hutan dari genus schlumbergera, yaitu Schlumbergera truncata. Schlumbergera truncata kadang disebut juga Zygocactus truncatus. Baca postingan ini tentang sinonim nama sukulen.






S.truncata adalah sukulen batang dengan tampilan berupa tumpukan segmen batang tipis dengan tekstur lekukan pada pinggiran batangnya. Ujung atas dan bawah batangnya relatif datar dan tersambung via areolnya. Masing-masing segmen bisa mencapai panjang 6 cm dan lebar 3,5cm.


Meskipun sekilas terlihat biasa saja, tapi daya tarik utama S.truncata ini adalah pada bunganya. Dimensinya bunganya bisa mencapai ukuran 8 x 6 cm, lebih besar dai segmen batangnya. Warna bunganya pun bermacam macam, ada yang merah, orange, pink dan putih.

Perawatan

Seperti yang sudah dibahas pada postingan tentang Kaktus hutan, S. Truncata termasuk jenis sukulen yang membutuhkan tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari terik. S. Truncata tumbuh dengan baik di media yang agak lembab, meskipun tetap media yang terlalu basah harus dihindari.
Jangan terlalu sering repotting. S. Truncata adalah jenis sukulen yang menyukai kondisi root-bound (akar memenuhi pot) karena pada habitat aslinya S. Truncata hidup epifit, dan akarnya menempel pada tanaman lain sehingga tidak membutuhkan banyak media. Usahakan repotting 1-2 tahun sekali saja ketika pot sudah benar-benar penuh.

Propagasi

Perbanyakan bisa dilakukan dengan propagasi batang. Caranya dengan memotong 2-3 segmen pada bagian areolnya. Usahakan dipotongnya pas di bagian sambungan antar segmen, jangan pada badan batangnya. Lalu biarkan sampai bekas luka potongnya kering. Paling sekitar beberapa jam karena luas area potongnya yang kecil jadi lukanya akan cepat kering. Hasil pemotongan bisa langsung ditanam pada media yang sama dengan indukannya.






Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik





Lanjutkan Membaca

>> Merawat Kaktus Hutan

>> Daftar Jenis Kaktus