"Kang, apa semua jenis Kaktus Perawatannya sama?"


Apakah semua kaktus tumbuh di padang pasir? Untuk kamu yang menjawab ya mungkin belum tahu kalau tidak semua kaktus tumbuh di tanah gersang dan berduri tajam.

Kaktus adalah nama untuk sekelompok tanaman yang memiliki areol. Areol ini singkatnya adalah lekukan khusus tempat tumbuhnya batang, bunga dan duri (kalau ada). Jadi, selama ada areolnya, tanaman itu masuk ke keluarga tanaman kaktus, dimana pun dia tumbuh, bagaimana pun bentuknya, memiliki duri atau tidak. (Read Perbedaan Kaktus dan Sukulen)

Di postingan kali ini, Akang mau bahas tentang kaktus yang tidak tumbuh di padang pasir atau tempat gersang lainnya, tapi kaktus anti mainstream yang ternyata hidupnya di hutan dan terbiasa hidup di tempat yang terlindung dari cahaya matahari.

Apa itu Kaktus hutan?

Kaktus hutan, atau yang sering juga disebut kaktus epifit berasal dari daerah hutan hujan di Amerika selatan dan Amerika tengah. Di tempat asalnya, mereka mendapat curah hujan 400cm per tahun, sangat berbeda dengan kaktus pada umumnya yang hidup di daerah kering dan gersang.

Kaktus hutan disebut epifit karena mereka tumbuh menempel pada tanaman lain, meskipun mereka bukan parasit. Akar kaktus epifit menempel pada sela-sela ranting pohon yang terdapat banyak material organik.

Salah satu jenis yang terkenal dari kelompok kaktus hutan ini adalah jenis Schlumbergera dengan Christmas cacti-nya (Schlumbergera truncata). Selain Schlumbergera, ada juga jenis Rhipsalis yang belakangan ini peminatnya lagi banyak. Somehow, kaktus tulang lagi populer di kalangan pecinta tanaman hias indoor.
Schlumbergera truncata
Schlumbergera truncata


Schlumbbergera truncata varigata
S. truncata variegata



Ada beberapa jenis kaktus hutan lain yang bisa kamu koleksi, diantaranya Rhipsalis, Selenicereus, dan Hylocereus. Cara paling gampang buat kepo soal tanaman adalah dengan nulis hashtagnya di instagram, caranya ketik #rhipsalis atau hashtag tanaman lain. Dari sana kamu bisa lihat aneka jenis dari tanaman yang sedang kamu cari.


Rhipsalis
Rhipsalis a.k.a Kaktus patah tulang


Ada beberapa situs termasuk succulentpedia yang bisa kamu kunjungi buat mengenal dan kepo lebih lanjut tentang jenis-jenis tanaman sukulen supaya kamu bisa lebih paham soal perawatannya. Ini penting loh, soalnya gini, kita ambil case kaktus epifit, di habitat aslinya mereka tidak terpapar cahaya matahari nonstop, media tanamnya juga ga padat dan bebas keluar masuk udara. Lingkungannya bisa dibilang lembab meski tidak terlalu basah.

Nah, dengan spesifikasi kaktus hutan yang seperti itu, tentu akan timbul masalah kalo kamu ngasi perawatannya sama dengan kaktus lain pada umumnya. Yah, minimal kering lah kalau dikasih full sun, hehehe. Kaktus hutan ini bisa loh jadi opsi buat kamu yang mau ngerawat sukulen indoor, light requirementnya rendah, tinggal pinter-pinternya kita aja di pemilihan media dan penyiramannya.


Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik





Lanjutkan membaca

>> Cara Memilih Sukulen Indoor

>> Cara Mengetahui Nama Sukulen