Sukulen : Kalanchoe Flapjack / Kalanchoe-thyrsiflora

Kalanchoe Flapjack


Kalo kamu penggemar sukulen berwarna terang, sukulen ini ga bisa kamu skip. Flapjack adalah jenis kalanchoe yang sangat berbeda dengan kalancoe lain pada umumnya. Bentuk dan dan warna daun yang memukau menjadikan sukulen ini wajib punya buat kollektor sukulen.

"Wow" mungkin adalah komentar pertama kamu waktu pertama kali lihat suken ini. Daunnya berbentuk oval, tumbuh dengan model lembaran pada batangnya. warna daunnya hijau denan ujung kemerahan. warna merahnya sendiri akan naik turun intensitasnya tergantung temperatur tempatnya tinggal. batangnya berwarna putih dan satu hal yang paling mencolok adalah butiran lembut seperti kapur yang menempel di seleuruh tubuhnya.

Butiran kapur halus ini berfungsi sebagai 'sunblock' yang memproteksi flapjack dari panas berlebih (sumber). kapur ini bisa berkurang atau bahkan hilang kalau flapjack sering kamu pegang (kapurnya nempel di tangan) atau kalau sengaja di lap (ngapain coba). karena fungsinya sebagai sunblock, otomatis kalau kapurnya banyak terhapus, daya tahan flapjack dari sengatan matahari akan berkurang. dalam kondisi kekurangan butiran kapur, sebaiknya jauhkan flapjack dari sengatan matahari,. 

Cara merawat sukulen Kalanchoe Flapjack

                Memilih media tanam untuk Sukulen

Media tanam sukulen yang baik adalah media tanam yang mengakomodasi kebutuhan hidup sukulen dalam pot. Mayoritas sukulen membutuhkan media tanam yang cepat kering dan tidak menahan air dalam pot. Tanah yang lembab dan menyimpan air dalam waktu lama bisa menyebabkan pembusukan akar sukulen.

Komposisi media tanam sukulen yang digunakan biasanya berupa campuran aneka pasir kasar (bisa yang murah seperti pasir bangunan atau pasir malang), sekam dan pupuk kandang sebagai pelengkap nutrisi.

Berikut perbandingan komposisi media tanam sukulen yang biasa Aa pakai.

2:2:1

(pasir : sekam : pupuk kandang)

Untuk pembasan selengkapnya tentang media tanam bisa dibaca disini.

 

                Cara menyiram sukulen

Setelah membeli sukulen dan membawanya pulang, mungkin yang terlintas dibenak grower adalah segera menyiramnya. Padahal, penyiraman sukulen adalah langkah krusial dalam pemeliharaan sukulen. Sebelum menyiram sukulen, ada beberapa hal yang haru dipahami oleh Grower.

Kapan menyiram sukulen? Sukulen disiram kalau medianya kering saja, untuk mencegah pembusukan akar. Durasi antar penyiraman bisa berbeda beda tergantung jenis sukulen, cuaca dan media yang grower pakai. Cara menyiram sukulen ada beberapa metode,. Grower bisa membacanya disini.

 
Budidaya tanaman sukulen

Sukulen jenis ini bisa diperbanyak (propagasi) dengan dua cara yaitu dengan metode propagasi batang menunggu tumbuhtunas. Untuk propagasi daun,  Aa ga pernah berhasil sih, silahkan kalau ada yang mau jadi volunteer. Untuk Propagasi batang sebaiknya ditunggu sampai sukulen ini tumbuh besar (seluruh daun menutupi permukaan pot), Potong mendatar pada batang dengan menyisakan beberapa lembar daun pada indukan.


Permasalahan pada Sukulen

Pada umumnya, permasalahan pada sukulen ini adalah serangan kutu putih dan pembusukan. Serangan kutu putih bisa berasal dari media yang pernah ditinggali kutu putih atau tertular dari tanaman lain yang juga terkena kutu putih. Dalam kasus lain, ada juga sukulen yang diserang kutu putih setelah lama sekali tidak disiram.

Pembusukan umumnya terjadi karena penyiraman berlebih atau penggunaan media yang tidak tepat. Flapjack termasuk jenis yang tahan dalam kondisi kering, Jadi kalo kamu ga yakin mau nyiram atau engga, mengding jangan dulu. Dalam kondisi kering parah, daun flapjack akan mulai mengkerut, barulah kamu mulai meningkatkan penyiraman.

Bisa juga pembusukan terjadi karena terlambat memberikan perawatan ketika sukulen kehujanan (ini sering terjadi). Jika sukulen anda kehujanan dan ragu apa harus dibongkar atau tidak, anda bisa menghubungi hotline Succulentpedia (Chat


Lanjutkan membaca






Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik