"Kang, mau tanya ini potongnya uda bersih belum ya?"



Kemarin ada yang konsul soal treatment pasca pembusukan. Kurang lebih gitulah isi konsulannya. Stapelia memang agak tricky,. Meskipun akarnya masih keras, bagian batang tempat tumbuhnya akar cukup sering bermasalah. Biasanya baru ketauan busuk kalo uda nyebar keatas.


Gini nih, penampilan batang bawahnya. Coba perhatiin, akarnya masih setrong, tapi batangnya uda mulai kecoklatan. Kata yang konsul, itu kalo dipencet, lembek.

oke Fix, Busuk



lalu saya coba minta dipotong dibagian yang saya tandain. 


Trus, setelah dipotong saya dikirimin hasilnya. ternyata ada bercak hitam di bagian tengahnya. Saya agak ragu sebenernya. itu sel mati atau emang stapelia kalo dipotong kayak gitu. Uda lama soalnya saya ga nemu stapelia busuk, paling dikutuin, hiks hiks.

Yauda, saya coba ambil stapelia di greenhouse lalu saya potong melintang.

Ternyata bersih, berarti bercak hitam yang tadi mungkin emang ada masalah. Jadi saya minta potong lagi.


Nah, yang ini baru saya acc. Kalo uda clean kayak gini tinggal diangin angin aja ampe kering, baru ditanam.

Selang satu hari, saya dapat kiriman foto lagi. Bekas potongannya mulai kering dan mulai mengkerut. Alhamdulillah ga ada tanda tanda pembusukan lanjutan.


Kalo uda gini tinggal sabar aja, nunggu kering. Waktu saya dapet foto ini, bekas potongnya masih agak lengket, jadi saya nyaranin buat nunggu sehari lagi ampe benar benar kering baru ditanam.

Trus, kalo uda ditanam jangan disiram dulu. Tunggu aja beberapa hari sebelum penyiraman perdana. Mungkin nanti bakal agak keriput, tapi gapapa.
Lebih gampang ngehandle sukulen yang agak kering daripada yang terlampau basah.


Doain proses propagasi-penyelamatan ini berjalan lancar yaaa.



Kamu, ada permasalahan seputar sukulen juga? jangan ragu kontak saya via Whatsapp yah.

Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order/konsultasi silahkan klik





Lanjutkan membaca

>> Cara Memilih Sukulen Indoor

>> Cara Mengetahui Nama Sukulen