Variegata adalah dampak ketidakstabilan genetik pada sukulen, sehingga anakan memiliki sifat yang berbeda dari induknya. Perbedaan tersebut berupa beragam variasi daun, baik dari segi motif/corak, warna, bentuk dan ukurannya. Sansevieria adalah salah satu jenis sukulen yang dikenal luas jenis variegatanya. Umumnya, daun pada anakan variegata berubah warna, guratan dan bentuk daunnya.

Echeveria Blackprince varigata

Jenis variegata dianggap unik dan lebih menarik, sebagian kolektor ada yang sengaja mengumpulkan jenis variegata dari berbagai jenis sukulen. Seringkali, mutasi variegata ini dapat mendongkrak harga jual sukulen berkali-kali lipat. Kenaikan harga berkaitan dengan seberapa sering mutasi pada jenis sukulen tersebut terjadi dan berapa banyak populasi dari anakan yang mengalami mutasi. Untuk jenis sukulen yang cukup sering menghasilkan variegata, harganya tidak terlalu berbeda dengan harga tanaman indukan. Sebaliknya, untuk jenis yang jarang sekali menghasilkan variegata, harganya bisa naik jauh sekali.
Monadenium richtei:  normal vs varigata
Crassula ovata: normal vs varigata




Belum diketahui dengan pasti penyebab terjadinya mutasi pada sukulen. Terkadang terjadi begitu saja, tanpa ada perlakuan khusus. Demikian, gejala variegata ini telah menjadi salah satu nilai plus pada daya tarik sukulen. Perubahan warna pada sukulen akibat mutasi bersifat permanen, namun ada pula perubahan warna yang bersifat semi permanen.

Perubahan warna semi permanen akan dibahas pada kesempatan berikutnya.
Stay tune yaa.





Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca