Beberapa waktu yang lalu, sempat ada yang bertanya di IG perihal Kalanchoe humilis-nya yang mengalami pengeringan di ujung daunnya. Pengeringan daun tua (daun yang berada paling bawah) sebenarnya hal yang wajar. Proses pengeringan yang paling natural terlihat pada jenis Echeveria, namun sukulen jenis lain juga mengalaminya.

Yang jadi persoalan adalah jika laju pengeringan terjadi terlalu cepat. Pengeringan yang seharusnya terlihat natural malah membuat daun seperti gosong mulai dari ujung-ujungnya. Penyebab utamanya tentu sinar matahari yang terlalu kuat dan tidak bisa ditolerir oleh sukulen.

Tapi, bukannya sukulen suka sinar matahari?

Belum tentu, tidak semua sukulen seperti kaktus gurun yang memang default-nya terkena panas sepanjang hari (Sudah tahu bedanya kaktus dan sukulen? Klik disini kalau belum). Ada jenis-jenis yang memang hanya bagus terkena sinar matahari pagi dan sore, ada yang bagusnya terkena cahaya sepanjang hari, ada juga jenis yang lebih bagus diletakkan di tempat yang agak redup. Punya kamu yang mana?

Selain sifat bawaan Sukulennya sendiri, hal lain yang perlu diperhatikan oleh para grower adalah kondisi greenhouse sukulen di nursery sebelum dibawa pulang ke rumah. Sukulen sama seperti mahluk hidup lain yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi ketika berpindah ke tempat baru.
Jika rumah anda ternyata lebih panas dan cahayanya lebih mentereng dari nursery tempat anda membeli sukulen, tentu sukulen akan lebih cepat kering. Kuncinya satu, yaitu observasi.

Sebagai langkah awal, anda bisa meletakkan sukulen yang baru anda beli di teras yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Perhatikan perubahan yang terjadi selama minggu-minggu awal. Jika ternyata ada daun atau bagian yang kering dengan cepat tandanya anda harus menggesernya bertahap ke tempat yang lebih teduh.

Grouping Succulents : Haworthia-Cleistocactus-Kalanchoe

Sebaliknya, jika sukulen anda tumbuhnya kerdil, ukuran daun relatif jadi kecil atau bahkan terjadi etiolasi itu artinya anda harus mulai memindahkannya ke tempat yang lebih terang secara bertahap.

Ingat, SECARA BERTAHAP. Jangan pindahkan sukulen anda ke tempat baru dengan perbedaan  kondisi yang ekstrim dari tempat asalnya.



Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca


>> Seberapa Sering Sukulen Disiram

>> Cara Membedakan Kaktus Dari Sukulen