"Kang, kok di literatur lain nama sukulennya beda-beda?"


Ini sebenarnya adalah pertanyaan klasik. Seringkali, kalau kita googling dan baca website tentang kaktus dan sukulen kita akan menemukan bahwa antar website memberikan penamaan yang berbeda untuk sukulen yang sama. Kok bisa ya?

notocactus
Notocactus magnificus disebut juga Parodia magnifica

"Apa itu nama ilmiah?"

Jadi begini, nama ilmiah adalah istilah yang digunakan sebagai bahasa universal untuk nama mahluk hidup. Nama ilmiah ini adalah jembatan bagi orang-orang dengan bahasa ibu yang berbeda. Misal, orang jepang meskipun dia ahli buah-buahan tetap tidak akan paham jika menyebut nama ‘pisang’, atau ‘apel’ karena dia (dalam cerita ini) tidak bisa berbahasa Indonesia. Lain hal nya jika kita menyebut ‘Musa paradisiaca’ pasti orang jepang itu paham.

Sama kasusnya dengan sukulen, ketika ada orang yang menyebut Notocactus magnificus , orang yang tau kaktus pasti langsung terbayang ‘oh kaktus yang itu’ terlepas apa bahasa daerahnya. 

Lalu, kenapa bisa ada dua atau lebih nama untuk satu sukulen?


Ada beberapa penyebab, pertama sukulen sendiri terdiri dari banyak sekali spesies tanaman sebagai anggotanya sehingga kadang ada dua atau lebih ahli botani di lokasi yang berbeda mem-publish dua nama untuk tanaman yang sama di waktu yang hampir bersamaan. Masing-masing tidak tahu kalau tanaman yang dimaksud sudah punya nama. Penyebab kedua, yang lebih sering terjadi adalah perubahan sistem klasifikasi untuk tanaman itu sendiri. Jadi semacam update gitu penamaannya, biasanya karena ada penambahan anggota sehingga karakteristik penggolongan namanya mengalami perubahan.

Dulu, semua kaktus yang berukuran besar dan berbentuk seperti tiang dikategorikan ke dalam genus cereus. Namun, seiring bertambahnya jumlah berbagai jenis kaktus yang diketahui oleh para ahli botani, informasi yang dimiliki akan semakin banyak dan digunakan untuk merevisi kategori yang sudah ada. Sekarang kriteria untuk masuk genus cereus sudah lebih banyak, sehingga ada beberapa jenis kaktus yang dulu masuk ke genus cereus dipindah ke genus yang lain. Nanti kalian bisa baca di buku kedua "Mengenal Kaktus dan Sukulen Lainnya", di Subtribe Echinocereanae, betapa ribetnya penamaan untuk genus Ecchinopsis, Lobivia dan Rebutia. ini salah satu bab yang bikin Akang pusing dalam penyusunannya, ampe ga beres-beres, hahaha. 
 
Namun ada juga yang nama genusnya sama sekali diganti sesuai dengan kesepakatan para ahli botani. Seperti nama zygocactus, sekarang sudah tidak umum digunakan. Spesies Zygocactus truncatus sekarang lebih sering disebut dengan nama Schlumbergera truncata.

Schlumbergera truncata



Jadi, gimana?

Ya ga gimana gimana.Jadi tidak perlu bingung apalagi ribut jika ada perbedaan penamaan untuk satu sukulen yang sama. Lagipula di wikipedia dan situs khusus sukulen biasanya menyertakan nama synonim pada penyebutan spesiesnya. Kecuali, kalo kalian sumbernya cuma dari media sosial, bermodal hashtag. Wah ribet, kita mesti bener bener filter, soalnya ga jarang akun bertemakan jualan ngasih nama sukulennya asal aja. Biar ada caption aja atau biar gampang kalo diorder. Ini yang kadang bikin bingung.


Nama Lokal / Nama Beken

Oia, selain nama ilmiah, ada juga nama julukan yang tidak kalah sering disebut oleh para grower untuk menamai para sukulen. Biasanya ini nama-nama yang sering digunakan untuk berkomunikasi dengan petani lokal.

Jadi, kalo kalian jalan-jalan ke petani lokal, trus nanya
"Pak, punya Senecio Rowleyanus?"

Dijamin, mereka bakal bengong. apaan tuh. Memang ada beberapa petani yang uda melek internet dan mencoba menyerap berbagai informasi penamaan internasional meski pun tidak sempurna. Dulu Akang juga bingung pas ditawarin kaktus longata. Apaan coba? bisa nebak? 

Yes, pinter kalo bisa nebak. yang dimaksud adalah Mammilaria elongata. 

Mammilaria elongata


Berikut ini ada beberapa penamaan lokal dari petani di daerah Akang dan mungkin diadopsi oleh sebagian seller.

  • Kaktus belimbing, ini merujuk ke Notocactus Magnificus
  • Bunga tasbih, ini merujuk ke Senecio rowleyanus
  • Bunga lipstik, ini merujuk ke Echeveria agavoides 'lipstick;
  • Bunga patah tulang, ini merujuk ke aneka jenis Rhipsalis


Karena penamaan ini bersifat lokal, tentu bisa berbeda antar daerah. Kalo di daerah kamu, ada nama lokal apa aja untuk sukulen?

Yuk share di komentar.


Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  

Lanjutkan membaca

>> Etiolasi/Stretching pada Sukulen

>> Cara Mengidentifikasi Nama Sukulen