Di blog ini ada beberapa istilah yang berkaitan dengan sukulen yang mungkin kebanyakan orang belum terlalu familiar.



Untuk memudahkan pembaca, berikut ini ada beberapa istilah yang mungkin akan sering muncul dalam banyak postingan. Daftar istilah akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan.



Genus : dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai marga. Dalam tingkat taksonomi tumbuhan, genus adalah kelompok paling kecil yang beranggotakan spesies-spesies tanaman dengan kemiripan genetic dan struktur. Nama ilmiah Tanaman terdiri dari nama genus dan spesies. Nama genus ditulis di awal dan huruf pertamanya huruf kapital diikuti nama spesies tanpa huruf kapital. Contoh : Cotyledon tomentosa. Nama genus-nya adalah Cotyledon.

Var. : istilah var, adalah singkatan dari variation, yaitu varian lain dari sebuah spesies tertentu yang terjadi secara alami. Penulisan var. diletakkan setelah nama spesies, contoh : Cotyledon orbiculata var. oblonga.

Sp. : adalah singkatan dari spesies. Biasanya digunakan untuk menyebut tanaman yang diketahui nama genusnya tapi tidak bisa dipastikan nama spesiesnya. Penulisan Sp. Dibelakang nama genus adalah cara elegan untuk mengatakan “Saya tidak tahu ini spesies apa”.

Cv. : akhiran cv. adalah singkatan dari ‘cultivated variation’ atau variasi pada sukulen yang timbul tidak secara alami atau ada campur tangan manusia. Contohnya Echeveria agavoides cv. ‘Aqua marine’

Callous : kondisi ketika bagian bekas luka potongan sukulen sudah mengering, baik luka karena cabutan (daun) atau potongan (batang). Kondisi callous merupakan syarat penting ketika akan melakukan propagasi. Proses pengeringan hingga callous membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari.

Grafting : Teknik penyambungan pada sukulen, biasanya dilakukan pada kaktus.. dua atau lebih jenis kaktus berbeda disambung lalu tumbuh sebagai satu individu. Istilah kaktus grafting biasanya merujuk pada aneka jenis kaktus hias yang disambung dengan batang kaktus dari genus hylocereus.

Under stem : kaktus yang dijadikan sebagai batang bagian bawah pada kaktus grafting.

Propagasi : Teknik perbanyakan sukulen baik secara manual atau alami.

Over watering : penyiraman berlebih yang dapat menyebabkan pembusukan pada sukulen.

Own root : merujuk pada kaktus yang memiliki sistem perakaran sendiri, bukan di-grafting dengan kaktus lain.

Water propagation : propagasi dengan menggunakan media air.

Simat : Sinat matahari (singkatan).


Metan : Media tanam (singkatan) adalah media tempat tumbuhnya sukulen di dalam pot. Metan dapat dibuat dengan mencampurkan beberapa jenis material seperti pasir, sekam, pupuk, pasir malang danlain sebagainya sesuai kebutuhan.


Boleh banget kalau ada yang mau request istilah, bisa via chat WA, komentar di bawah atau pake text box


Mau berkomentar? silahkan tulis di kolom komentar berikut. Bagi yang bingung caranya, bisa klik disini