Aa tadi baru ngecek anakan Agave yang disebar random di tanah. Alhamdulillah uda pada tumbuh akar dan nempel ke tanahnya. Uda tinggal tunggu tumbuh aja. 

Anakan Agave

Kalo kemaren aa posting soal sukulen yang survive di dalam kondisi lowlight, nah si Agave ini kebalikannya. Justru dia semangat kalo kena full sun. Dengan catatan, kalo ada daun yang kena sunburn baiknya dikasih filter dulu di atasnya sebagai naungan. Jarang sih ada agave yang kena sunburn, biasanya sunburn daunnya kalo uda lama ditaro di tempat gelap terus ngedadak pindah ke tempat yang terik.

Sunburn jadi tanda kalo Agave gagal beradaptasi, alias kaget sama perubahan lingkungan yang drastis.

Agave ini sukulen yang terbilang awet. Jarang banget bermasalah dan bisa tumbuh cukup cepat kalo dirawat dengan baik. Mungkin alasan ini juga sih yang bikin customer aa di littlegarden jarang beli agave. Mereka ga cocok jadi hiasan meja yang biasa dikasi pot lucu dan cantik.

Dibanding sukulen lain, pertumbuhan Agave terbilang cepat makanya mesti sering ganti pot. Jadi kalo mau ngasih pot lucu ke Agave rasa-rasanya ga usah deh. Makenya ga lama soalnya, hehehe.
Agave americana
Ini foto agave punya Aa yang dipungut dari saluran pembuangan salah satu petani di Lembang pada tahun 2016. Aa minta ijin buat ngambil agave ini (waktu itu dalam kondisi sekarat) ke yang punya dan ternyata dikasih, hehe. Soalnya agave ini tadinya mau dibuang.

Jangan dibayangin ukurannya segede ini yah. Pas aa ngambil ini, lebarnya sekitar 20-30cm aja, itu pun daunnya banyak yang sobek dan badannya penuh lumpur. Nyampe rumah dibersihkan lumpurnya, trus dipotong daun yang rusaknya (yang mana hampir semuanya, hehehe)
Dalam kondisi kayak gitu, Agavenya uda sehat sentosa menjelang tahun ke empat perawatan.

So, ada yang minat ngerawat agave?

Satu-satunya yang kurang sreg dari agave adalah sistem bunganya. Agave adalah salah satu jenis sukulen yang monocarpic,. Yaitu MATI SETELAH BERBUNGA.  


Ada beberapa jenis sukulen selain agave yang monocarpic juga, ntarlah Aa bahas kapan-kapan. Tapi, pesan moralnya adalah kalo sukulen kamu tiba-tiba kering menghitam setelah berbunga ga usah panik. Mungkin sukulen kamu emang monocarpic.

Beberapa waktu yang lalu, Aa sempet komentar di salah satu postingan akun ig grower sukulen di luar negeri. Dia posting soalnya kuncup bunga kalanchoenya yang dipotong sebelum mekar. Aa auto nanya dong yah.

“tante, kok dipotong bunganya? Kan sayang”
“soalnya dia (kalanchoe flapjack) sukulen monocarpic”
“.....”

Itulah, kadang dilema kalo punya sukulen monocarpic. Bunganya cantik, tapi kalo dibiarin berbunga ujungnya tewas.

Agave umurnya puluhan tahun, biasa berbunga di usia 10-30 tahun. Bunganya kecil-kecil, biasanya kuning dan muncul dari sulur keras yang tumbuh menjulang dari bagian tengah poros daunnya. Selain bunga, sulur agave ini juga menumbuhkan banyak anakan agave. Jadi agave tidak semata-mata mati setelah berbunga, tapi juga menghasilkan banyak keturunan sebelum mati.

Selain berkembang biak dengan cara menumbuhkan tunas dari sulur, agave juga berkembang biak dari tunas yang muncul dari sistem perakaran. Jumlahnya memang ga sebanyak tunas dari sulur ketika berbunga, tapi lumayanlah bisa dipanen.
Agave potatum dan tunasnya


Kan kebayang tuh kalo misal agave tunasnya baru muncul kalo dia berbunga sebelum tewas, sesusah apa coba ntar stoknya di pasaran, hehehe.

Kayaknya penting yah,ngebahas soal sukulen monocarpic.

Coba komentar dong, ada yang mau ga, kalo Succulentpedia bahas soal topik monocarpic???




Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik



Lanjutkan membaca


>> 7 Sukulen yang dapat tumbuh dalam Cahaya Redup


>> Tips Membuat Succulent Arrangement