Sukulen : Haworthia reinwardtii

haworthia
Haworthia reinwardtii


Selain Fasciata, ada juga loh Haworthia lain yang kece dan 
kuat banget. Meskipun ga se-famous saudaranya, sukulen ini tipikal sukulen tangguh yang awet sehingga banyak grower yang melewati waktu gardening sama sukulen satu ini. Reinwardtii bisa jadi salah satu opsi buat kamu yang pengen nambah sukulen indoor.

Reinwardtii sama seperti Haworthia pada umumnya, daunnya cukup keras, berujung lancip dan tumbuh dari tengah membentuk roset. Hal yang membedakan adalah bentukan batangnya yang menjulang ke atas, kontras dengan jenis haworthia lain yang low profile. 

Cara merawat sukulen Haworthia reinwardtii

                Memilih media tanam untuk Sukulen

Media tanam sukulen yang baik adalah media tanam yang mengakomodasi kebutuhan hidup sukulen dalam pot. Mayoritas sukulen membutuhkan media tanam yang cepat kering dan tidak menahan air dalam pot. Tanah yang lembab dan menyimpan air dalam waktu lama bisa menyebabkan pembusukan akar sukulen.

Komposisi media tanam sukulen yang digunakan biasanya berupa campuran aneka pasir kasar (bisa yang murah seperti pasir bangunan atau pasir malang), sekam dan pupuk kandang sebagai pelengkap nutrisi.

Berikut perbandingan komposisi media tanam sukulen yang biasa Aa pakai.

2:2:1

(pasir : sekam : pupuk kandang)

Untuk pembahasan selengkapnya tentang media tanam bisa dibaca disini.

 

                Cara menyiram sukulen

Setelah membeli sukulen dan membawanya pulang, mungkin yang terlintas dibenak grower adalah segera menyiramnya. Padahal, penyiraman sukulen adalah langkah krusial dalam pemeliharaan sukulen. Sebelum menyiram sukulen, ada beberapa hal yang haru dipahami oleh Grower.

Kapan menyiram sukulen? Sukulen disiram kalau medianya kering saja, untuk mencegah pembusukan akar. Durasi antar penyiraman bisa berbeda beda tergantung jenis sukulen, cuaca dan media yang grower pakai. Cara menyiram sukulen ada beberapa metode,. Grower bisa membacanya disini.

 
Budidaya tanaman sukulen

Sukulen jenis ini bisa diperbanyak (propagasi) dengan penumbuhan tunas anakan. Untuk propagasi daun,  Aa ga pernah berhasil sih, silahkan kalau ada yang mau jadi volunteer. Untuk Propagasi batang kadang berhasil, itu pun tumbuh tunas baru dari bekas potongannya agak lama. Sebaiknya propagasi batang ga dilakukan, soalnya kalo menurut Aa sih nilai estetikanya ngedrop banget. jadi mending tunggu dia beranak aja ya.


Permasalahan pada Sukulen

Pada umumnya, permasalahan pada sukulen ini adalah overheat. Dia tipe sukulen yang suka tempat terang tapi ga kuat panas.Ujung daunnya akan gampang mengering kalo kepanasan. tapi kalo di taro ditempat lembab, warna corak putihnya akan terlihat kusam dan daunnya akan tumbuh kurus. So, kasih pencahayaan yang baik ya.

Pembusukan bisa juga terjadi kalo grower over banget nyiramnya. Tapi dengan pot yang baik dan media yang bagus, harusnya bisa dicegah. Hama juga jarang ngedatengin haworthia,. Aa ga pernah dapet kasus kutu putih, kalo ada yang pernah nemu kutu putih di reinwardtii boleh sharing sharing dengan menghubungi hotline Succulentpedia (Chat


Lanjutkan membaca






Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik