Sukulen : Opuntia monacantha monstruosa varigata

Opuntia monacantha monstruosa varigata


Kaktus varigata terkenal dengan tingginya tingkat kesulitan dalam perawatannya. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya pigmen alami sehingga muncul warna putih atau kuning yang nantinya berperan dalam pengurangan kemampuan fotosintesis. Namun, jenis varigata satu ini adalah pengecualian.

Opuntia monacantha varigata ini sangat mudah dirawat meskipun punya kelainan varigata. Kaktus yang juga dikenal dengan nama "Joseph's coat ini" memiliki warna campuran putih hijau pada batangnya. Jika mendapat cahaya matahari yang optimal maka akan muncul juga warna di pink di permukaan batangnya.

Kaktus ini tipikal yang mudah tumbuh dan beranak pinak. Bentukannya yang tidak beraturan (monstruosa) diiringi oleh pertumbuhan tunas dalam jumlah besar. Pertumbuhan batangnya yang tidak berturan sekilas tampak seperti etiolasi, padahal memang seperti itu fitur bawaannya.


Cara merawat sukulen Opuntia monacantha

                Memilih media tanam untuk Sukulen

Media tanam sukulen yang baik adalah media tanam yang mengakomodasi kebutuhan hidup sukulen dalam pot. Mayoritas sukulen membutuhkan media tanam yang cepat kering dan tidak menahan air dalam pot. Tanah yang lembab dan menyimpan air dalam waktu lama bisa menyebabkan pembusukan akar sukulen.

Komposisi media tanam sukulen yang digunakan biasanya berupa campuran aneka pasir kasar (bisa yang murah seperti pasir bangunan atau pasir malang), sekam dan pupuk kandang sebagai pelengkap nutrisi.

Berikut perbandingan komposisi media tanam sukulen yang biasa Aa pakai.

2:2:1

(pasir : sekam : pupuk kandang)

Untuk pembahasan selengkapnya tentang media tanam bisa dibaca disini.

 

                Cara menyiram sukulen

Setelah membeli sukulen dan membawanya pulang, mungkin yang terlintas dibenak grower adalah segera menyiramnya. Padahal, penyiraman sukulen adalah langkah krusial dalam pemeliharaan sukulen. Sebelum menyiram sukulen, ada beberapa hal yang haru dipahami oleh Grower.

Kapan menyiram sukulen? Sukulen disiram kalau medianya kering saja, untuk mencegah pembusukan akar. Durasi antar penyiraman bisa berbeda beda tergantung jenis sukulen, cuaca dan media yang grower pakai. Cara menyiram sukulen ada beberapa metode,. Grower bisa membacanya disini.

 
Budidaya tanaman sukulen

Kaktus jenis ini bisa diperbanyak (propagasi) dengan propagasi batang (potong batang) dan penumbuhan tunas anakan yang tumbuh di permukaan batang. Untuk grower pemula, Aa sangat merekomendasikan kaktus satu ini. Cukup punya satu aja dulu, lalu rawat hingga lumayan tinggi lalu usahakan untuk propagasi terus terusan. Pengulangan propagasi akan memicu pertumbuhan cabang sehingga indukan akan semakin rimbun dan tentu jumlah kaktusnya akan makin banyak.


Permasalahan pada Sukulen

Pada umumnya, permasalahan pada kaktus ini adalah overheat. Kaktus ini suka dengan cahaya matahari non stop. Aa sendiri nyimpan kaktus ini di luar, kalo panas dia kepanasan, kalo hujan dia kehujanan. Cuman, kalo lagi panas banget, kita harus aware, dia minumnya cukup engga? kalo kurang minum dia bakal keriput dan kalo berkepanjangan bisa mati kering.

Pembusukan jarang banget kalo kaktus ini, kecuali kalo overwatering parah atau emang medianya jelek. Trus kalo hama, yang repot tuh sama kutu putih dan kutu sisik. Kutu kutu ini biasanya muncul kalo kita jarang banget nyiram dan abai sama lingkungan sekitar. Kalo kalian nemu permasalahan lain boleh sharing sharing dengan menghubungi hotline Succulentpedia (Chat



Lanjutkan membaca






Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik