Family name : Liliaceae

Species name : Haworthia limifolia
Haworthia limifolia

H. limifolia adalah salah satu jenis haworthia yang paling tangguh dan mudah sekali untuk dirawat. Daunnya keras dengan tekstur erlekuk-leku dipermukaan daunnya seperti kayu pencuci (washboard) sehingga dijuluki fairy washboard. Diameter roset mencapai belasan senti (cukup besar untuk genus Haworthia). Daun berbentuk segitiga dengan dasar daun yang lebar dan mengerucut sampai ke tepi daunnya. Daunnya seperti corong, berwarna putih, menempel pad sulur yang muncul dari tengah roset.

H.limifolia relatif aman sebagai tanaman hias indoor yang jarang terkena cahaya matahari langsung. Warnanya yang hijau tua tidak akan berubah banyak meskit tidak terpapar cahaya matahari langsung. Masalah yang mungkin timbul sama seperti sukulen pada umumnya, yaitu penyiraman. Selalu pastikan untuk menyiram dalam kondisi media kering, langsung jemur setelah menyiram jika diletakkan indoor. Pilih pot yang memiliki lubang drainase.

H.limifolia memiliki pertumbuhan akar yang cepat. Jika H. limifolia diletakkan di luar rumah, cukup cahaya dan sering disiram, pertumbuhannya akan cepat. Akarnya akan cepat memenuhi pot. Sering-seringlah melakukan pengecekan apakah akarnya sudah keluar dari dasar pot.

Setelah mencapai ukuran yang cukup besar, H.limifolia akan rutin berbunga dan sering mengeluarkan tunas. Gunakan pot yang berdiameter lebih lebar beberapa senti dari ukuran roset untuk memberikan ruang pada H.limifolia untuk bertunas. Berbeda dengan haworthia lainnya yang bertunas dekat dengan tanaman induk, tunas H. limifolia tumbuh jauh dari tanaman induk, keduanya disambungkan oleh akar. Setelah tunas memiliki sistem perakaran sendiri, akar yang menyambungkannya dengan indukan bisa dipotong dan tunas bisa ditanam sebagai sukulen individu baru.

Selain perbanyakan dengan tunas ada metode perbanyakan lain yang lebih cepat yaitu dengan pemotongan batang semu. Metode ini lebih beresiko karena bisa membunuh indukan dan hasil pemotongannya, namun metode ini dapat memberikan individu baru yang lebih cepat jika berhasil. Selain itu, indukan yang dipotong dapat menumbuhkan roset baru yang berjumlah lebih dari satu sehingga menambah variasi bentukan. Ada resiko ada hasil, silahkan jika ingin mencoba.

Pada bekas potongan muncul tiga roset sekaligus. Menarik namun beresiko.



Berminat untuk mengadopsi Sukulen ? Untuk order silahkan klik
  


Lanjutkan membaca


>> Daftar Jenis Sukulen

>> Apa itu Repotting?